Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14

Page 1 of 14
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.6, No. 2

143

H a l a m a n

Kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi sudah

dirasakan perlu menggunakan prinsip-prinsip manajemen yang modern dan

berorientasi pada mutu untuk memperbaiki dan menyempurnakan kegiatan

pendidikan dan sekaligus sebagai antisipasi perkembangan lembaga. yang

semakin besar, antisipasi perkembangan globalisasi, dan menyiapkan diri ke

gerbang persaingan internasional. Dengan demikian keunggulan untuk menda-

patkan sebuah pengakuan internasional terhadap mutu proses sebuah pergu-

ruan tinggi menjadi penting. Untuk menghadapi pembaharuan dan transforrna-

si global, semua pihak yang terkait dalam pendidikan harus berubah menuju

"Learning organization" melalui dukungan dua faktor mendasar yaitu (1) pimpi-

nan pendidikan (Educational Leaders) sebagai pemegang komando dan pen-

gendali, perannya berubah dari macho menjadi maestro dan dari autorruts

menjadi coaches dan (2) kemampuan melaksanakan "Self Adjusting Participa-

tion" yang harus dikuasai oleh semua anggota organisasi. Masih Banyak anggo-

ta sebuah organisasi perguruan tinggi yang belum menyadari fungĂ­ keberadaan

masing-masing. Dosen merupakan aset utama suatu institusi pendidikan tinggi,

oleh karena itu pentingnya pemahaman modal intelektual: kompetensi, komit-

men dan pengendalian pekerjaan bagi para dosen sehingga terbentuk kesiner-

gisan, yang pada akhirnya dapat menciptakan kualitas lulusan yang mampu

bersaing di pasar tenaga verja, sesuai harapan user.

Kata Kunci: modal intelektual, kompetensi, komitmen, pengendalian pekerjaan

dan kualitas

Latar Belakang

Proses Globalisasi yang tidak dapat ditawar-

tawar lagi, menuntut dihormatinya norma

dan nilai yang secara universal diterima oleh

masyarakat dunia. Hanya dengan menerima

dan menghormati nilai dan norma universal

tersebut kita akan menjadi masyarakat ma-

dani dan dapat diterima sebagai anggaran

masyarakat global.

Persaingan global tidak saja terjadi di dunia

insiustri dan perdagangan, tapi juga berla-

ku bagi dunia pendidikan. Tantangan bagi

Perguruan Tinggi di Indonesia adalah

tingkat persaingan yang makin tinggi

baik antar Perguruan Tinggi lokal mau-

pun Perguruan Tinggi Asing. Para penye-

lenggara Pendidikan dan pemakai lulu-

san yang tidak hanya menuntut lulusan

berpengetahuan tetapi juga berketram-

pilan-berkompetensi. Sebuah perguruan

tinggi tidak lepas dari pemberlakuan

dan

penyempurnaan

parangkat -

perangkat intern .

PERANAN MODAL INTELEKTUAL DOSEN

DALAM MENCIPTAKAN KUALITAS LULUSAN

Umi Narimawati

Jurusan Manajemen

Universitas Komputer Indonesia

bidang

HUMANIORA