Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.6, No. 2
157
H a l a m a n
KOMPETENSI DOSEN
TERHADAP STANDARISASI LAYANAN KEPADA MAHASISWA
DESAYU EKA SURYA
Jurusan Ilmu Komunikasi
Universitas Komputer Indonesia
Tulisan ini di batasi pada kompetensi seorang dosen sesuai dengan bidang
keilmuannya yang dilandasi dengan ilmu pengetahuan, pengalaman,
keterampilan, kreatifitas, inisiatif, motivasi sebagai dosen dan budaya kerja
yang positif, yang pada akhirnya memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan
dosen di sebuah perguruan tinggi yang sedang mencari jati diri.
Kompetensi seorang dosen pada akhirnya dapat memberikan pelayanan pada
berbagai pihak yang memerlukannya, terutama kepada para mahasiswa yang
senantiasa berinteraksi pada dirinya. Kompetensi seorang dosen yang mampu
berkarya dan selalu siap untuk menyesuaikan diri terhadap standarisasi
pelayanan yang diperlukan oleh mahasiswa akan mampu memberikan
kontribusi terhadap tercapainya visi dan misi dari sebuah perguruan tinggi Se-
lanjutnya mampu atau tidaknya kompetensi dosen menepiskan ”Krisis Kuali-
tas” yang merupakan problema pendidikan di Indonesia, inilah yang harus kita
jawab dan kita coba bersama!
I. PENDAHULUAN
Sehubungan dengan usaha pemerintah
dalam memperbaiki kinerja perguruan
tinggi di Indonesia, hal-hal yang harus
diperhatikan adalah pengelolaan dan
pengembangan sumber daya yang ada,
hal tersebut ditujukan agar sumber daya
yang tersedia dapat dimanfaatkan secara
efektif dan efisien di segala bidang.
Salah
satu sumber daya yang berada dalam ru-
ang lingkup perguruan tinggi yang harus
dikelola dan dikembangkan secara
berkesinambungan yakni sumber daya
manusia (Dosen), karena “
Dosen” meru-
pakan sumber pengetahuan, keterampi-
lan, dan kemampuan yang terakumulasi
dalam diri anggota organisasi atau pergu-
ruan tinggi” (
2006).
Pada perguruan tinggi perusa-
han/lembaga-lembaga di Indonesia sering
kali kritik dilayangkan kepada bagian
pengelolaan dan
pengembangan DOSEN,
bidang
HUMANIORA