Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 1
10
H a l a m a n
komponen utama. Ekstraksi komponen-
komponen utama tersebut menghasilkan
nilai kontribusi masing-masing komponen
yang mungkin berubah terhadap 75,429%
kondisi yang dapat dijelaskannya.
Komponen utama pertama berubah
menjadi 19,769%; komponen utama
kedua
berubah
menjadi
13,920%;
komponen utama ketiga berubah menjadi
12,488; komponen utama keempat
berubah menjadi 11,605; komponen
utama kelima berubah menjadi 8,999%;
dan komponen utama keenam berubah
menjadi 8,647 % (Tabel 3).
Dampak
adanya
rotasi
adalah
berubahnya variabel-variabel pendukung
untuk
masing-masing
komponen
utamanya, kecuali komponen utama
kedua
berubah menjadi didukung oleh tiga
variabel yaitu jumlah penduduk (Z05),
jumlah hasil pertanian (Z06), dan jumlah
hasil laut (Z09), di wilayah yang disinggahi
ketiga
berubah menjadi didukung oleh dua
variabel,
yaitu
jumlah
naik/turun
penumpang di pelabuhan singgah (Z11),
dan jumlah naik/turun penumpang di
pelabuhan singgah (Z12). Komponen
keempat
variabel, yaitu panjang dermaga (Z13),
luas gudang pelabuhan uyang dimiliki
(Z14), dan luas wilayah pelayanan
pelabuhan tersebut (Z04). Komponen
utama kelima dan keenam masing-masing
didukung oleh satu variabel. Komponen
kelima
industri di wilayah yang disinggahinya
keenam
didukung oleh variabel hasil produksi
perkebunan (Z07).
Perbandingan variabel pendukung
masing-masing komponen utama antara
sebelum dan sesudah dirotasi dapat
dilihat seperti Tabel 5.
Tabel 5.
Perbandingan ariabel Pendukung antara
Sebelum dan Sesudah Rotasi
Dari hasil perhitungan rotasi faktor
atau komponen utama, diperoleh hasil
bahwa faktor atau komponen utama
pertama
Z02: Kedalaman minimum kolam
pelabuhan;
Z10: Hasil atau produksi ternak
selama setahun;
Z03 : Jarak lokasi terhadap ibukota
kabupaten atau kota;
Z01: Kedalaman alur pelayanan
minimum.
Berdasarkan variabel dominan yang
ada pada komponen utama pertama yang
diperoleh dari 169 sampel lokasi
pelabuhan singgah armada pelayaran
kapal perintis ini, dapat ditarik kesimpulan
bahwa
faktor
pertama
yang
mempengaruhi
penentuan
untuk
disinggahi atau tidaknya suatu wilayah di
Eddy Soeryanto Soegoto
No
Komponen
Utama
Variabel Pendukung
Sebelum
Rotasi
Seudah
Rotasi
1
Pertama
Z02, Z10,
Z03, Z01
Z02, Z10,
Z03, Z01
2
Kedua
Z13, Z11,
Z14, Z12
Z05, Z06,
Z09
3
Ketiga
Z05, Z06,
Z09
Z11, Z12
4
Keempat
Z04, Z12
Z13, Z14,
Z04
5
Kelima
Z07
Z08
6
Keenam
Z08
Z07
Kesimpulan umum
Terdapat
tumpang
tindih varia-
bel pada
komponen
utama
kedua dan
keempat
yaitu Varia-
bel Z13
Sudah tidak
ada tum-
pang tindih
peng-
gunaan
variabel
pendukung
diantara
komponen-
komponen
utamanya.