Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 1
52
H a l a m a n
merupakan 2 subsistem dapat saling
berkomunikasi. Hal tersebut dapat dilihat
pada gambar 1
Manusia cenderung fleksibel &
mampu
beradaptasi,
dapat
belajar
bagaimana bekerja di lingkungan yang
baru. Manusia terbatas dalam kapasitas
memproses informasi, informasi pada
manusia diterima dan direspon melalui
saluran input dan direspon melalui
saluran masukan/keluaran, disimpan di
memori
kemudian
diproses
dan
diaplikasikan.
Komputer cenderung tidak fleksibel /
tidak mampu beradaptasi, masukan harus
dalam format yang jelas dan keluaran
harus didefinisikan sebelumnya, tidak
dapat belajar, dapat di desain ulang.
Memori
pada
komputer
bersifat
permanen/tetap dan memilki kapasitas
yang cukup besar, serta tidak bersifat
asosiatif.
Irisannya adalah merupakan interaksi
antara 2 komponen tersebut, atau dengan
kata lain interaksi adalah proses
komunikasi
antara
pengguna
dan
komputer. Berdasarkan dari definisi diatas
dapat kita simpulkan bahwa interaksi
manusia dan komputer adalah reka
bentuk, penilaian, implementasi sistem
komputer interaktif untuk kegunaan
manusia dan berisi kajian tentang
fenomena yang terlibat didalamnya atau
dengan kata lain interaksi pengguna
dengan komputer. Bidang yang terkait
dengan perancangan antarmuka antara
lain adalah :
a. Psikologi
Pengguna produk tidak semuanya
sama dan beraneka ragam, membuat
perancang sistem harus mempelajari
aspek psikologi pengguna untuk
memahami sifat dan kebiasaan
pengguna serta mengukur unjuk kerja
terhadap sistem manusia – komputer.
b. Grafis
Gambar digunakan sebagai sarana
dialog yang paling efektif antara
manusia dan komputer, sehingga
untuk menghasilkan bentuk yang
menarik dan luwes dari antarmuka
diperlukan keahlian dalam merancang
grafis.
c. Antropologi
Antropologi
merupakan
ilmu
pengetahuan
tentang
manusia,
sehingga
dapat
memberikan
padangan dalam cara kerja.
d. Linguistik
Pada saat manusia berinteraksi
dengan komputer sama halnya
dengan manusia sedang berdialog
dengan komputer, oleh karena itu
perlu
diperhatikan
penggunaan
bahasa agar dapat mengarahkan
pengguna pada saat berinteraksi
dengan komputer. Perlu diidentifikasi
sejauh mana penguasaan bahasa dari
pengguna sistem.
e. Teknik elektronika dan ilmu komputer
Pengetahuan
elektronika
harus
dikuasai, hal ini berkaitan dengan
pengetahuan akan aspek perangkat
keras (komputer). Selain penguasaan
perangkat
keras
(komputer)
diperlukan penguasaan perangkat
lunak, sehingga perancang mampu
mengetahui apakah rancangannya
dapat diimplementasikan dengan baik
atau tidak.
Perancangan
antarmuka
pada
dasarnya adalah proses penggambaran
dari bagaimana sebuah bagian sistem
Mira Kania Sabariah
Computer
Human
Gambar 1.
Interaksi Manusia dan Komputer