Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 1
58
H a l a m a n
RUANG TERBUKA HIJAU KOTA BANDUNG
DHINI DEWIYANTI
Program Studi Teknik Arsitektur
Universitas Komputer Indonesia
Tabel 3. Bagian-bagian yang diukur dalam pengetahuan dan pengalaman pengguna
Level Pendidikan
Sekolah Menengah
Akademi
Universitas
Level Membaca
Mengacu Kepada Tingkat
pendidikan
Kemampuan Mengetik
Ahli (135 wpm)
Baik (55 wpm)
Cukup (40 wpm)
Pengetahuan Komputer
Tinggi
Cukup
Rendah
Pengalaman terhadap Tugas
(Pengetahuan
Secara
Semantik)
Mengacu pada pengetahuan
terhadap pekerjaan yang
harus dilakukan
Pengalaman terhadap Sistem
(Pengetahuan Secara Sintaks)
Mengacu kepada penguasaan
sebuah bahasa pemrograman
arau terhadap suatu teknologi
P/L
Pengalaman Penggunaan Aplikasi
Mengacu kepada penguasaan ter-
hadap sebuah aplikasi yang sama
Penguasaan Bahasa
Penggunaan Sistem Lain
Tabel 5. Bagian –bagian pengukuran dalam Tugas dan Pekerjaan pengguna
Frekuensi Penggunaan
High
Medium
Low
Pelatihan
None
Manual only
Formal
Mandatory
Penggunaan Sistem
Mandatory
Discretionary
Tingkat Kepentingan Fungsi
High
Low
Struktur Fungsional
High
Moderate
Low
Kategori Pekerjaan
Executive
Engineer
Secretary
Clerk
Turnover Rate
High
Moderate
Low
Penggunaan Alat Lain
Calculator
Telephone
Tabel 6. Implikasi Terhadap Perancangan Antarmuka Pengguna
Karakteristik
Rancangan yang harus dicapai
Frequency of Use
High
Low
Ease of Use
Ease of
Learning & Remember
Task Importance
High
Low
Ease of Use
Ease of
Learning & Remember
System Use
Mandatory
Discretionary
Ease of Use
Ease of
Learning & Remember
Mira Kania Sabariah