< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 8 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 1

58

H a l a m a n

RUANG TERBUKA HIJAU KOTA BANDUNG

DHINI DEWIYANTI

Program Studi Teknik Arsitektur

Universitas Komputer Indonesia

Tabel 3. Bagian-bagian yang diukur dalam pengetahuan dan pengalaman pengguna

Level Pendidikan

Sekolah Menengah

Akademi

Universitas

Level Membaca

Mengacu Kepada Tingkat

pendidikan

Kemampuan Mengetik

Ahli (135 wpm)

Baik (55 wpm)

Cukup (40 wpm)

Pengetahuan Komputer

Tinggi

Cukup

Rendah

Pengalaman terhadap Tugas

(Pengetahuan

Secara

Semantik)

Mengacu pada pengetahuan

terhadap pekerjaan yang

harus dilakukan

Pengalaman terhadap Sistem

(Pengetahuan Secara Sintaks)

Mengacu kepada penguasaan

sebuah bahasa pemrograman

arau terhadap suatu teknologi

P/L

Pengalaman Penggunaan Aplikasi

Mengacu kepada penguasaan ter-

hadap sebuah aplikasi yang sama

Penguasaan Bahasa

Penggunaan Sistem Lain

Tabel 5. Bagian –bagian pengukuran dalam Tugas dan Pekerjaan pengguna

Frekuensi Penggunaan

High

Medium

Low

Pelatihan

None

Manual only

Formal

Mandatory

Penggunaan Sistem

Mandatory

Discretionary

Tingkat Kepentingan Fungsi

High

Low

Struktur Fungsional

High

Moderate

Low

Kategori Pekerjaan

Executive

Engineer

Secretary

Clerk

Turnover Rate

High

Moderate

Low

Penggunaan Alat Lain

Calculator

Telephone

Tabel 6. Implikasi Terhadap Perancangan Antarmuka Pengguna

Karakteristik

Rancangan yang harus dicapai

Frequency of Use

High

Low

Ease of Use

Ease of

Learning & Remember

Task Importance

High

Low

Ease of Use

Ease of

Learning & Remember

System Use

Mandatory

Discretionary

Ease of Use

Ease of

Learning & Remember

Mira Kania Sabariah