Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19
Page 1 of 19Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 2
249
H a l a m a n
dengan cepat mengubah dari bisnis yang
didasarkan pada tenaga kerja (labor-based
business)
menuju
knowledge
based
business (bisnis berdasarkan pengetahuan),
dengan
karakteristik
utama
ilmu
pengetahuan”. Dengan demikian jelaslah
sudah bahwa sumber daya manusia
memegang peranan yang sangat penting
PENDAHULUAN
Saat ini hanya perusahaan yang
memiliki keunggulan kompetitif yang
dapat bersaing di pasar global. Hasil
penelitian Tjiptohadi dan Agustine (2003:
35-57), menyatakan bahwa ”agar dapat
terus bertahan, perusahaan-perusahaan
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN
(SURVEI PADA PT. FRISIAN FLAG INDONESIA WILAYAH JAWA BARAT)
Marliana Budhiningtias Winanti
Program Studi Manajemen Informatika
Universitas Komputer Indonesia
Kinerja karyawan yang tinggi dapat dicapai jika seluruh elemen-elemen yang
ada dalam perusahaan terintegrasi dengan baik, dan mampu menjalankan
peranannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan dan karyawan.
Oleh sebab itu diperlukan dukungan adanya kompetensi guna meningkatkan
kinerja karyawan tersebut. Kompetensi dan kinerja yang tinggi memberikan
isyarat bahwa organisasi dikelola dengan baik dan secara fundamental akan
menghasilkan perilaku manajemen yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja
karyawan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni
descriptive dan explanatory survey, dan untuk menguji hipotesis penelitian
digunakan statistika multivariate dengan alat uji Structural Equation Model
(SEM), sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program LISREL 8.30
(Linier Structural Relationship).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi karyawan yang
meliputi kompetensi intelektual, kompetensi emosional dan kompetensi sosial
pada karyawan PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat rata-rata skornya
termasuk dalam kategori tinggi. (2) Kinerja karyawan PT. Frisian Flag Indonesia
wilayah Jawa Barat termasuk dalam kategori cukup tinggi. Ketepatan waktu
menyelesaikan pekerjaan memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan kualitas
hasil kerja karyawan. (3) Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan adanya
pengaruh yang positif dan signifikan dari kompetensi terhadap kinerja
karyawan PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat. Artinya kompetensi
karyawan menstimulir optimasi pembentukan kinerja karyawan dalam bekerja
di PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat.
Kata kunci: Kompetensi, Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional,
Kompetensi Sosial, Kinerja Karyawan
bidang
HUMANIORA