Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 2
157
H a l a m a n
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
UNTUK MENINGKATKAN CITRA UNIVERSITAS
Ely Suhayati
Program Studi Akuntansi
Universitas Komputer Indonesia
Salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyara-
kat. Tri dharma ini pada dasarnya merupakan tanggung jawab sosial perguruan
tinggi. Program ini dapat dilakukan berkaitan langsung dengan bidang ilmu
tertentu yang ada di program studi atau multi disiplin ilmu yang ada di fakultas
bahkan universitas.
Pelaksanaan Corporate Social Responsibility akan dapat berjalan dengan baik
apabila ada program kemitraan antara universitas, korporat, dan masyarakat.
Perguruan tinggi sebagai mitra dalam pelaksanaan Corporate Social
Responsibility dapat memposisikan diri untuk membantu korporat untuk
menyusun dan melaksanakan program Corporate Social Responsibility sesuai
dengan core businessnya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan citra
universitas melalui program-program yang dijalankannya
Universitas yang melaksanakan Corporate Social Responsibility menunjukkan
universitas tersebut memiliki tanggung jawab sosial tidak hanya kepada internal
perusahaan seperti karyawan, tetapi juga kepada pihak eksternal seperti
pemegang usaha, kreditur, pemerintah, masyarakat, dan lingkungan lainnya.
Dengan demikian perusahaan yang telah ber- Corporate Social Responsibility
keberadaannya dibutuhkan oleh stake holders dan akan meningkat citra
positipnya.
Dengan menerapkan Corporate Social Responsibility secara tulus, masyarakat
sekitar akan respect terhadap Universitas, citra universitas akan meningkat.
Efek positipnya universitas akan lebih dikenal dan disukai masyarakat dan daya
tarik calon mahasiswa untuk kuliah di universitas tersebut akan semakin tinggi.
Kata kunci Corporate Social Responsibility, citra Universitas
bidang
HUMANIORA
I. Pendahuluan
Gaung kepedulian terhadap aspek
lingkungan dan tanggung jawab sosial
terus mengemuka selama sepuluh tahun
terakhir. Perusahaan yang peduli terha-
dap aspek lingkungan dan tanggung
jawab sosial terus mendapat apresiasi
dari masyarakat. Selanjutnya perusahaan
juga terus didorong untuk membuat pela-
poran non keuangan. Salah satunya
sustainability report.triple
bottom line
dunia usaha. Sekarang dunia usaha
bukan hanya memperhatikan laporan
(single bot-
tom line),
aspek keuangan sosial dan lingkungan
triple bottom
line.
sustainabil-
ity report.