Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 2
168
H a l a m a n
perusahaan mereka. Setiap pendekatan
tersebut pasti memiliki kelebihan dan
kekurangan sendiri-sendiri. Pendekatan
yang dapat memberikan hasil yang
memuaskan seperti pengeluaran yang kecil,
waktu yang singkat namun mampu
memberikan keuntungan yang maksimal
adalah suatu pendekatan yang paling
banyak diterapkan di setiap perusahaan.
Pendekatan
yang
digunakan
oleh
perusahaan tersebut akan memberikan
dampak
secara
langsung
pada
produktivitas.
Salah satu pendekatan yang banyak
dipakai
adalah
Total
Productive
Maintenance
terfokus
bagaimana
mengoptimalkan
produktivitas dari peralatan atau material
pendukung kegiatan kerja, tetapi juga
memperhatikan bagaimana meningkatkan
produktivitas dari para pekerja atau
operator yang nantinya akan memegang
kendali pada peralatan dan material
tersebut.
Divisi Mekanik di Perusahaan Umum
(PERUM) DAMRI adalah salah satu divisi
yang
bertugas
untuk
melakukan
pemeliharan
secara
rutin
terhadap
kendaraan-kendaraan
milik
mereka,
termasuk di antaranya Bus Kota. Namun
pada kenyataannya, Bus Kota milik mereka
masih mengalami kendala dalam masalah
produktivitas kerja. Dapat dilihat dari
kondisi mesin Bus yang sering mengalami
kerusakan dan kondisi fisik Bus yang
berada dalam kondisi buruk. Beberapa
penyebabnya adalah kurang terencananya
kegiatan pemeliharaan atau perawatan
yang dilakukan. Proses pemeliharaan yang
masih sangat sederhana dan kurangnya
keterampilan dari para operator yang
mengerjakan
kegiatan
pemeliharaan
mengakibatkan kinerja dari Bus Kota
menjadi tidak optimal.. Oleh karena itu,
perlu diterapkan metode pemeliharaan yang
tepat dan mampu mengatasi masalah-
masalah tersebut.
Penelitian ini menitikberatkan pada
beberapa komponen dari mesin DAMRI yang
dianggap sebagai komponen kritis. Adapun
definisi dari komponen kritis pada penelitian
ini adalah komponen yang sering
mengalami kerusakan selama periode
tertentu. Ukuran performansi dari penelitian
overall equipment efficiency
(OEE) yang akan menunjukkan nilai
efesiensi dari semua komponen kritis yang
terkait dalam penelitian ini.
Selain itu, penelitian ini juga akan
mereduksi jenis kerusakan dari tiap
komponen kritis dengan menggunakan
Failure Mode and Effect Criticaly Analysis
(FMECA) sehingga akan dihasilkan urutan
prioritas komponen kritis yang harus
dilakukan tindakan perawatan.
Identifikasi Masalah
Pada Divisi Mekanik PERUM DAMRI
Bandung
yang
dipandang
sebagai
permasalahan adalah mengenai kurangnya
produktivitas kerja dari operator dan mesin
yang tidak maksimal yang mengakibatkan
produktivitas Bus Kota menjadi tidak
optimal. Hal itu sebagai akibat dari proses
pemeliharaan atau perawatan mesin yang
belum optimal. Untuk itu perlu adanya suatu
sistem perawatan yang lebih baik yang
dapat meningkatkan produktivitas Bus Kota.
Dalam penelitian ini masalah yang akan
dipecahkan
adalah
“Bagaimana
meningkatkan produktivitas kerja Bus Kota
Total Productive
Maintenance
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1.
Identifikasi komponen kritis dan jenis
kerusakan.
2.
overall equipment efficiency
(OEE)
3.
Mereduksi kerusakan dengan FMECA
Pembatasan Masalah
1.
Penelitian
dilakukan
di
Divisi
Mekanik PERUM DAMRI Unit Bus
Kota Bandung.
I Made Aryantha Anthara