Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 2
172
H a l a m a n
Availability
Bus DAMRI dapat dihitung dengan meng-
gunakan persamaan berikut:
Operating Speed Rate
(OSR)
Merupakan perhitungan rasio kecepatan
standar dan aktual yang dapat membantu
kita mengetahui apakan mesin telah
bekerja lebih cepat atau lebih lambat dari
waktu produksi standar.
Performance Efficiency
(PE)
Rasio kemampuan mesin yang diwujudkan
dalam menjalankan suatu kegiatan
operasi transportasi
Overall Equipment
Efectiveness
Rasio ukuran mesin yang menunjukkan
apakah peralatan yang digunakan sudah
dimanfaatkan secara maksimal atau
belum.
Model Perhitungan Tingkat Produktivitas
Menentukan produktivitas kerja Bus Kota
sebelum diterapkan TPM.
Risk Priority Number
(RPN)
RPN
merupakan
nilai
yang
digunakan untuk menentukan manakah
komponen yang memiliki prioritas utama
untuk dilakukan tindakan perawatan.
RPN
antara nilai keburukan jenis kerusakan,
frekuensi kejadian kegagalan dan nilai
RPN
dengan persamaan sebagai berikut:
RPN
Frekuensi) x (Tingkat Probabilitas dan
Tingkat Deteksi
(6)
HASIL DAN PEMBAHASAN
Penentuan Komponen Kritis
Penentuan komponen mesin Bus
DAMRI yang paling kritis diambil dari hasil
perbandingan beberapa komponen mesin
Bus DAMRI yang sering mengalami kerusa-
kan dan dianggap kritis seperti yang terli-
hat pada tabel 2. Penentuan komponen
yang paling kritis dapat dilihat melalui dia-
gram yang menunjukkan frekuensi terjad-
inya kerusakan yang paling banyak
(sering) dari masing-masing komponen
kritis juga biaya atau harga komponen
yang lebih tinggi dibandingkan dengan
komponen-komponen lainnya.
Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan
acuan dalam menentukan komponen me-
sin yang paling kritis, diantaranya dapat
dilihat dari:
1.
Harga komponen
2.
Frekuensi terjadinya kerusakan
3.
Biaya perawatan
I Made Aryantha Anthara
%
100
x
Time
Loading
Time
Down
Time
Loading
ty
Availabili
1
Time
Cycle
Actual
Time
Cycle
l
Theoretica
Rate
Speed
Operating
2
%
100
Pr
x
Time
Operating
Amount
ocessed
x
Time
Cycle
l
Theoretica
PE
3
Efficiency
e
Performanc
x
Rate
Speed
Opr
x
ty
Availabili
OEE
4
Efesiensi
s
Efektivita
s
oduktivita
Pr
5