Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.7, No. 2
174
H a l a m a n
besar dari 95%. Hal ini bisa dikarenakan
iddle
minor stoppage
Iddleminor
stoppage
dalam pelaksanaan kegiatan transportasi
yang mungkin disebabkan oleh
berkurangnya kecepatan Bus DAMRI
bottle neck
operator akan memaksakan tingkat
utilisasi mesin Bus DAMRI di atas batas
tingkat kemampuan mesin untuk
beroperasi dan hal ini menyebabkan
mesin semakin cepat mengalami
kerusakan.
Berdasarkan hasil perhitungan, nilai
Overall EquipmentEffectiveness
sebesar 40,54% belum bisa dikatakan
ideal, dapat dilihat dari nilai OEE yang
kurang dari nilai OEE ideal yaitu > 85%.
Tingkat Produktivitas
Dengan menggunakan model (5),
diperoleh tingkat produktivitas sebesar
63,34 %.
Tingkat produktivitas masih rendah dilihat
outputOverall EquipmentEffec-
tiveness
inputPerformance Effeciency
hingga diperlukan sebuah sistem perawa-
tan yang lebih baik untuk meningkatkan
produktivitas kerja Bus Kota.
Penyebab kerusakan pada komponen
kritis.
U n t u k
m e n g i d e n t i f i k a s i
d a n
membangkitkan ide-ide dari akar suatu
masalah dari komponen-komponen kritis
dan membantu penelitian ini, maka
(fishbone
diagram).
dapat merinci sebab-sebab atau faktor-
faktor yang mempengaruhi masalah dari
tiap-tiap komponen kritis dan akibat yang
ditimbulkan dari sebab-sebab tersebut.
Dengan diagram ini diharapkan dapat
memberikan solusi dari masalah yang
dihadapi.
I Made Aryantha Anthara
Metode
Manusia
Mesin
Lingkungan
Material
Faktor kebersihan
kurang diperhatikan
Teknisi tidak terlatih
dengan baik
Bagian perawatan tidak
melakukan perawatan dengan
Human Error
Temperatur/suhu yang
kurang mendukung
Umur mesin sudah tua
Getaran & Gesekan
Tidak ada standar
lubrikasi & pembersihan
Prosedur pemeliharaan
tidak ada
Kerusakan
sebelumnya
Debu dan kotoran
Kondisi fisik /
produk cacat
Tidak ada sistem
perawatan penggantian
pencegahan terencana
Keandalan
Waktu kerja mesin
yang melewati batas
Aus, Rusak,
Keandalan mesin
turun
. Fishbone diagram