Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 1 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

217

H a l a m a n

SOFTWARE CONCORDANCE PROGRAM

DALAM PENGAJARAN DAN PENELITIAN BAHASA

(studi kasus pada mahasiswa semester 6

Jurusan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia)

YANTY WIRZA

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Universitas Pendidikan Indonesia

This study examines the students’ response towards the importance of and

challenges faced in using concordance software for language studies. There

were 68 students of two classes participated in the study and were assigned to

conduct research using the concordance software. The findings revealed that

the students found that the software was functional and practical for the use of

research in language studies as they only needed very short time to process the

data. However, more practice is required so they can develop their analysis abil-

ity. The respondents also urged that facilities needed to support the proper and

Key words:

bidang

HUMANIORA

Pendahuluan.

Perkembangan teknologi dalam

dunia pendidikan dan pengembangan

bahasa yang biasa dikenal dengan istilah

CALL

Computer-Assisted

Language

Learning

telah banyak merubah bentuk dan cara

pengajaran dan penelitian bahasa. Salah

satu aplikasi teknologi yang digunakan

terutama dalam bidang linguistik adalah

berbagai software corpus linguistics yang

digunakan dalam berbagai penelitian,

pengajaran dan, dan pengembangan

core

business

pendidikan yang juga mencakup bidang

linguistik murni dan terapan, Jurusan

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas

Pendidikan Indonesia telah merespon

perkembangan

dalam

CALL

dengan

menawarkan Mata Kuliah Perluasan dan

Pendalaman Corpus Linguistics yang

termasuk dalam paket Mata Kuliah

Linguistik pada mahasiswa semester

enam sejak diberlakukannya kurikulum

yang terbaru tahun 2006. OLeh karena itu,

studi

penjajakan

respons

mahasiswa

terhadap matakuliah ini perlu dilakukan

untuk mengetahui pendapat dan masukan

dari mahasiswa perihal mata kuliah Corpus

Linguistics ini.

Definisi dan Sejarah Korpus

Korpus berasal dari bahasa Latin yang

“body”

makna yang terdekat berarti kumpulan teks

dari suatu variasi bahasa yang dapat

semaksimal mungkin merepresentasikan

suatu kecenderungan atau fenomena dari

variasi tersebut (Mc Enery dan Wilson,

2007). Oleh karena itu, kita tidak berbicara

beberapa

kumpulan teks yang bisa saja terdiri dari

ratusan ribu bahkan jutaan kata untuk

dapat melihat suatu phenomena bahasa.

Dalam sejarahnya, korpus dalam bidang

linguistic dibagi dalam dua fase: fase awal

dan fase modern. Pada fase awal, korpus