Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.8, No. 1
76
H a l a m a n
PENUTUP
Negara kepulauan adalah tantangan yang
harus ditaklukan oleh TIK guna menjangkau
pendidikan ke seluruh pelosok negeri. Den-
C-Generation
connectivity, convergence, collaboration,
content creative,contextual
kungan pemerintah melalui Detiknas, di-
harapkan menjadi suatu pemicu pengem-
bangan konten E-Learning yang ada, untuk
C-Learnin
mudian dengan adanya konvergensi di
C Learning
akan berkembang menjadi suatu sistem
Ubiquitous Learning.
sistem pendidikan berbasis TIK dimana
perangkat-perangkat
berbeda
dapat
mengakses layanan pendidikan ini dengan
lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.
Gambar 8 Evolusi E-Learning
Konvergensi diharapkan cepat terwujud
guna meningkatkan aksesbilitas, serta
kemudahan dalam bidang pendidikan,
dalam
rangka
menyediakan
layanan
pendidikan dan pembelajaran jarak jauh
yang merata, murah dan dapat diserap oleh
semua lapisan masyarkat Indonesia di
pelosok Nusantara.
DAFTAR PUSTAKA
Jaringan Komputer
Graha Ilmu, Yogyakarta, 69-70.
Collaborative Learning: A
Case Study for CS1 at Grinnell College
and UT-Austin
Twenty-eighth SIGCSE Technical Sym-
posium on Computer Science Educa-
tion February 27-March 1, 1997, pp.
209-213.
Igel Zibriel, Suhono H. Supangkat, (2008),
Ensiklopedia Nusantara Menggunakan
, e-Indonesia Initia-
tive 2008 (EII2008) Konfrensi dan
Temu Nasional Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk Indonesia
karta,Indonesia,69-70.
Kumar
Vive,
Computer-
Supported
Collaborative Learning Issues for
Research,
Symposium, Department of Computer
Science, University of Saskatchewan,
Canada, 1996
Collabora-
tive E-Learning : Information Systems
Research Direction
Tenth Americas Conference on Infor-
mation System, New York, August
2004.
C-Generation, Sarasehan 10 Tahun Pen-
didikan Teknologi Informasi ITB, 2009
Http://www.detiknas.web.id
Irawan Afrianto