Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14
Page 1 of 14Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.8, No. 2
217
H a l a m a n
Tingkat pelayanan yang selama ini dirasakan oleh sebagian besar masyarakat
penumpang
kondisi dari prasarana, sarana, dan sistem operasi yang belum memadai, guna
mendukung nilai suatu perjalanan seperti waktu, biaya, keamanan,
kenyamanan dan pelayanan. Sehingga dibutuhkan upaya-upaya penanganan
lebih serius dan komprehensif, agar para penumpang merasakan suatu
pelayanan yang layak, baik dan memuaskan. Maka dibutuhkan teknik
pengkajian untuk dapat memecahkan permasalahan ini.
Quality Function
Deployment
persepsi penumpang terhadap pelayanan angkutan umum bis kota, yang
merupakan komponen kritis dari isu pihak konsumen pengguna jasa angkutan
umum sejak beberapa tahun belakangan ini.
Belum tercapainya keseimbangan pelayanan berdasarkan ekspektasi
kesenjangan
pernyataan penumpang dari 25 atribut pernyataan, dimana memiliki nilai rata-
rata negatif artinya tingkat pelayanan tidak memadai, dengan demikian
perlunya peningkatan dan perbaikan pada prasarana, sarana, dan sistem
operasi yang memiliki nilai waktu, ongkos, keamanan, kenyamanan, pelayanan
melalui karakteristik teknisnya agar lebih memadai dari sebelumnya, dan perlu
perbaikan terus menerus.
Keywords: Prasarana, Sarana, dan Sistem operasi
Pendahuluan
Sistem angkutan umum pada
dasarnya
dibentuk
dari
sekumpulan
hardware
terdiri dari prasarana dan sistem sarana.
Selanjutnya kedua komponen perangkat
keras tersebut dioperasikan dengan sistem
pengoperasian atau sistem perangkat lunak
yang
terdiri dari komponen-komponen
seperti : frekuensi dan tarif. Adapun
komponen dari prasarana dan sarana
angkutan umum itu sendiri antara lain,
komponen prasarana angkutan umum,
meliputi, sistem jaringan rute, terminal, track
right of way
Komponen sarana angkutan umum, meliputi,
jenis kendaraan yang digunakan dan dimensi
dan desain kendaraan
Dari komponen-komponen tersebut diatas
maka adalah penting untuk menyiapkan
sistem prasarana yang baik, agar pelayanan
angkutan
umum
secara
keseluruhan
mempunyai performansi yang baik dan layak.
Sarana angkutan umum pada suatu
bidang
EKONOMI
PENINGKATAN PRASARANA, SARANA, SISTEM OPERASI
PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BIS KOTA DAMRI
BERDASARKAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PENUMPANG
DEDI SULISTIYO SOEGOTO
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA