Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14
Page 12 of 14Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.8, No. 2
228
H a l a m a n
Dedi Sulistiyo Soegoto
suai dengan apa yang diinginkan/
diperkirakan. Karena dipengaruhi oleh kuali-
tas dari sarana, prasarana dan pengopera-
sian fasilitas angkutan umum itu sendiri.
Kesenjangan dari Ekspektasi dan Persepsi
Penumpang
Kesenjangan akan menunjukkan secara
jelas titik-titik kelemahan kekurangan kom-
ponen prasarana, sarana, dan pengopera-
sian untuk ditingkatkan. Hal ini dapat terli-
hat dalam gambaran grafik berikut ini :
Berdasarkan grafik diatas teridentifikas-
inya atribut-atribut yang memiliki kesenjan-
gan negatif. Sebagai tolak ukur fungsi pen-
ingkatan dan perbaikan dari dimensi fasili-
tas prasarana, sarana, dan pengopera-
siannya yang akan mempengaruhi pandan-
gan pandangan penumpang tentang mutu
pelayanan setelah dilaksanakan perbaikan
dan peningkatan.
Peningkatan dan Perbaikan Fasilitas
Qualiti Function
DeploymentQFD
dirasakan teramat kurang tersebut dapat
ditingkatkan dan dilakukan pembenahan
melalui perbaikan dan peningkatan pada
karakteristik teknisnya. Seperti digambar-
kan dalam grafik berikut ini dengan nilai
target sebagai berikut :
Atribut karakteristik teknisnya :
Investasi dana guna pembiayaan.
Jaminan dan asuransi.
Kredibilitas professional awak.
Kebijakan tarif dan discount.
Keamanan dan perlatan keselamatan.
Kebersihan dan pemeliharaan fasilitas.
Tata letak fasilitas dan kenyamanannya.
Lintasan atau rute yang dilalui.
Kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas.
Kontrol dan pengawasan.
Dengan demikian pihak pengelola
dengan tidak bertumpu pada bentuk
penilaian tetap akan tetapi perlu berbagai
macam inovasi pada penilaian baru bagi
gebrakan produk jasa yang kita kelola. Kom-
ponen fasilitas pada sarana, prasarana, dan
sistem operasi yang selama ini masih
kurang memadai ada baiknya ditambah dan
dilakukan perawatan, pemeliharaan secara
terus menerus secara bersama-sama.
Grafik Nilai Target
95,13
55,72
62,58
95,63
61,28
73,75
45,82
92,70
42,42
67,33
K
on
trol
da
n
pe
ng
aw
as
an
K
edi
sipl
ina
n
da
n
ke
te
rt
iba
n
la
lu
L
int
as
an
ata
u
rut
e ya
ng
di
la
lu
i
T
ata
le
ta
k
fa
sil
ita
s da
n
Ke
be
rs
iha
n
da
n
pe
m
eli
ha
ra
an
K
ea
m
ana
n
da
n
pe
ra
la
ta
n
K
ebi
ja
ka
n
ta
rif
da
n
di
sc
ou
nt
K
re
di
bi
lita
s
pro
fe
sion
al
aw
ak
A
da
ny
a j
am
ina
n
da
n
as
ura
ns
i
Inv
es
ta
si
da
na
gu
na
pe
m
bi
aya
an
Karakteristik Teknis
Scale
Target