Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.9, No. 1
26
H a l a m a n
Gambar 5. E-R Diagram Proses Belajar
Mengajar
Arsitektur Aplikasi
Tujuan dari pembuatan arsitektur aplikasi
adalah untuk mendefinisikan aplikasi-
aplikasi utama yang diperlukan untuk
mengatur data dan mendukung fungsi
bisnis dari organisasi tersebut. Arsitektur
owner’s
viewzachman
framework
informasi.
Tabel 1. Kandidat Aplikasi
Bobi Kurniawan,ST.,M.Kom
Arsitektur Data
Arsitektur
data
bertujuan
mendefinisikan data yang akan dipakai
untuk mengembangkan dan membangun
arsitektur aplikasi. Berdasarkan langkah
yang ada di EAP, arsitektur data
mendefinisikan 2 (dua) hal, yaitu:
1. Kandidat Entitas Data
2. Entitas Set, Atribut dan Relasinya.
Kandidat Entitas Data
Kandidat entitas merupakan enti-
tas yang akan menjadi bagian dari perenca-
naan arsitektur perusahaan, sehingga
penentuannya dapat didasarkan pada
value
chain
dengan demikian maka entitas yang akan
didefinisikan adalah entitas bisnis dan ber-
dasarkan entitas bisnis tersebut akan dide-
finisikan entitas data. Sesuai dengan
value chain
entitas bisnis utama yang dapat diidentifi-
kasi adalah sebagai berikut:
1. Entitas Penerimaan Mahasiswa Baru.
2. Entitas Operasional Akademik / Proses
Belajar Mengajar.
3. Entitas Pelepasan Mahasiswa.
4. Entitas Manajemen Keuangan dan
Akuntansi.
5. Entitas Manajemen SDM dan Umum
Entitas Set, Atribut dan Relasinya
Gambar 4. E-R Diagram Penerimaan Mahasiswa Baru
Tim PMB
Promo
Seleksi
Gunakan
Anggaran
TKU
Calon Mahasiswa
N
N
N
N
1
1
Seminar KP
KHS
Dosen
Dosen Wali
Dosen Pembina
MK
Mata Kuliah
Nilai
Mahasiswa
Sidang TA
Uang Kuliah
Wisuda
Ujian
Ujian
Ujian
Ujian
Memiliki
Jadwal
Is a
Olah
Ikut
Bayar
Bimbing
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
1
1
1
1
1
1
1