Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.10 No. 1
38
H a l a m a n
dalam satuan waktu yang memasuki
system antrian. Hasil analisa dengan
menggunakan persamaan Y = -0,0119x
+ 4,1064 untuk kondisi adanya
pengaruh kenaikan tariff toll dan BBM,
dan Y = 0,0172x + 4,0578 untuk tidak
ada pengaruh dari kenaikan tariff toll
dan BBM.
Tabel 1. Volume tingkat kedatangan
kendaraan
Tingkat pelayanan (µ), yaitu jumlah
manusia/kendaraan yang dapat dilayani
oleh satu tempat pelayanan dalam
waktu tertentu (orang/menit atau
kendaraan/jam).
Tingkat pelayanan pintu toll Pasirkoja
dengan jumlah gardu k =4, menunjukkan
pada kondisi ada pengaruh kenaikan tariff
toll dan BBM masih mampu melayani
tingkat kedatangan kendaraan. Namun
untuk kondisi tidak ada pengaruh kenaikan
tarif toll dan BBM pada tahun 2011 dan
2015 sudah tidak mampu melayani tingkat
kedatangan yang ada, sehingga perlu
ditambah jumlah gardunya.
Waktu pelayanan, yaitu nisbah antara
tingkat kedatangan dengan tingkat
pelayanan. Bila nilainya lebih besar dari
1 maka terjadi antrian panjang
kendaraan di pintu toll.
Tabel 3. Waktu pelayanan
Hasil analisa menunjukkan pada
kondisi ada pengaruh kenaikan tariff toll
dan BBM tidak terjadi antrian karena waktu
pelayanan masih di bawah nilai 1.
Sedangkan pada kondisi ada pengaruh
kenaikan tariff toll dan BBM pada tahun
2011 dan 2015 terjadi antrian panjang
kendaraan. Sehingga perlu mengurangi
waktu pelayanan dengan menambah gardu
Mohamad Donie Aulia.
volume tingkat kedatangan ,
kendaraan/jam
adanya
pengaruh
kenaikan
tarif
tidak adanya
pengaruh
kenaikan
tarif
tol dan BBM
tol dan BBM
2007
836
977
2011
1026
1568
2015
920
1837
Tahun
Tingkat pelayanan (µ)
Tingkat pelayanan (µ)
ada pengaruh kenaikan tarif
tidak ada pengaruh kenaikan tarif
tol dan BBM
tol dan BBM
Q
n
d
w
q
n
d
w
2007
1
1
6.00
3.49
1
2
7.84
5.34
2011
2
3
8.79
6.28
-13
-12
-27.22
-29.72
2015
1
2
6.98
4.47
-6
-5
-8.97
-11.47
Tabel 2. Tingkat Pelayanan (µ)
Tahun
Waktu pelayanan ( )
Ada pengaruh
kenaikan tarif
Ada pengaruh
kenaikan tarif
tol dan BBM
tol dan BBM
2007
0.582
0.680
2011
0.715
1.092
2015
0.641
1.280