Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.10 No. 1
120
H a l a m a n
kegiatan diskusi diakhiri dengan satu kesim-
pulan yang benar.
Menurut Hasibuan, dkk.,(1988)
dalam Wahyuningrum R(2011) keterampi-
lan yang diperlukan oleh dosen untuk mem-
bimbing diskusi antara lain sebagai sebagai
berikut:
1. Memusatkan perhatian, pemusatan per-
hatian dapat dilakukan dengan
cara berikut :
Memberitahukan tujuan, mengenal-
kan topik dan mengajukan masalahu-
mum yang akan dipecahkan,
Mengajukan masalah-masalah
khusus yang disampaikan selama
diskusi ber-langsung.
Mencatat pernyataan-pernyataan
yang menyimpang dari masalah, dan-
mengem-balikan pembicaraan ke
masalah semula.
Mencatat hasil diskusi pada periode-
p e r i o d e
t e r t e n t u ,
s e b e l u m
diskusi berlanjut ke masalah berikut-
nya.
2. Memperjelas masalahdan memberikan
tuntunanbila ada gagasan yang
kurang jelas penyampaiannya, agar se-
mua anggota memperoleh persepsi yang
sama.
3. Menganalisis pandangan siswa,yang
berbeda pendapatnya; analisis ini dapat-
digunakan untuk membimbing siswa ke
arah berpikir kritis dan kreatif,misalnya
dengan meminta siswa mengajukan ar-
gumen atas pendapatnya.
4. Meningkatkan apresiasi siswadengan,
pertanyaan yang menantang siswa
untuk berpikir
memberi dukungan pada pendapat
siswa, dengan mendengar dengan
penuh perhatian, memberi komentar
yang positif, dan sikap akrab
memberi waktu cukup untuk berpikir
5. Menyebarkan kesempatan untuk berpar-
tisipasi,
memotivasi siswa yang enggan atau
malu untuk memberikan pemndapat
mencegah terjadinya pengeluaran
pendapat yang serentak
menghambat secara bijaksana siswa
yang memonopoli diskusi
mencari alternatif jika ada jalan
buntu karena perbedaan pendapat
yangsama
6. Menutup diskusi, dapat dilakukan den-
gan:
membuat rangkuman
memberi gambaran tentang tindak
lanjut hasil diskusi
mengajak siswa untuk menilai proses
dan hasil diskusi.
B3. Langkah-langkah Penerapan Metode
Diskusi Terbimbing dalam Pengajaran
Penganalisisan Puisi dalam Mata Kuliah
Kesusastraan Jepang II di Program Studi
Sastra Jepang UNIKOM
I. Tahap Pendahuluan
a. Dosen
(1) Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Tujuan khusus dari penganalisisan puisi
Jepang adalah :
a. Mengenali unsur-unsur puisi yaitu :
unsur instrinsik (struktur fisik dan
batin) serta unsur ekstrinsik
(hubungan instektekstual dan latar
belakang sosial budaya.
b. Menemukan makna puisi melalui
pendekatan semiotik.
(2) Menyampaikan prinsip dan konsep
dasar dari materi tentang puisi serta
memberikan dan mengajak mahasiswa
membahas contoh-contoh hasil analisis
puisi yang dijelaskan pada pertemuan
sebelum diskusi.
(3) Pembagian Kelompok Mahasiswa
Untuk mengakomodir minat mahasiswa,
mahasiswa dibagi kedalam 2 kelompok
yangyang
masing -masing
akan
membahas puisi yang berbeda.
(4) Menentukan Materi Diskusi
M a t e r i
d i p i l i h
d e n g a n
mempertimbangkan materi yang benar-
benar sesuai dengan pencapaian tujuan
pembelajaran. Dalam hal ini materi yang
diperlukan adalah materi yang
Fenny Febrianty