Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.10 No. 1
121
H a l a m a n
Fenny Febrianty
m e n c a k u p
u n s u r - u n s u r
t o p i k
pembelajaran, fokus pada bahasa yang
dipelajari, dan unsur sastra (Nunan,
1991:209)dalam Wahyuningrum R
(2011). Untuk itu dosen memberikan
judul puisi dan tugas yang harus
dikerjakan oleh masing -masing
kelompok, yaitu :
a. Analisis Unsur – unsur Puisi
1) Unsur Instrik
a) Struktur fisik (Perwajahan /
tipografi, Diksi, Imaji, Kata
kongkret, Gaya bahasa,
Rhythm dan Rima.
Feeling,
Tone,
2) Unsur ekstrinsik
a) Apakah puisi yang dianalisis
memiliki
hubungan
in-
tertekstual dengan puisilain
sebelumnya?
b) Apakah terdapat latar be-
lakang sosial, budaya yang
mempengaruhi penciptaan
puisi yang dianalisis?
b. Analisis Makna Puisi, melalui pemba-
caan semiotik, melalui tahapan yaitu
penerjemahan lirik puisi kedalam
bahasa Indonesia, pembacaan
heurisik, pembacaan hermeneutik,
penguraian kata kunci, penarikan
kesimpulan.
b. Mahasiswa
(a) Mengerjakan tugasyang telah diberi-
kan dosen bersama anggota kelom-
pok masing-masing di luar perkulia-
han.
(b) Jawaban dari tugas yang diberikan
dosen di buat dalam bentuk laporan
tertulis.
(c) Membagikan kopian laporan kepada
kelompok yang lain, untuk dipelajari
sebagai materi diskusi minimal 1 hari
sebelum perkuliahan
II. Tahap Diskusi
a. Dosen memimpin diskusi
(1) Memberitahukan tujuan, mengenal-
kan topik dan mengajukan masalahu-
mum yang akan dipecahkan,
(2) Mempersilahkan kelompok pertama
untuk mempresentasikan hasil jawa-
ban mereka hingga selesai. Dalam
hal ini mahasiswa per kelompok
menggunakan teknik presentasi
seperti biasa, dimana seluruh ang-
gota kelompok memiliki kesempatan
untuk presentasi. Untuk ini mereka
d i b e r i
k e s e m p a t a n
u n t u k
menggunakan segala fasilitas yang
ada guna mendukung penampilan
presentasi kelompok mereka.
b. Dosen menganalisis hasil presentasi
(1) Memperjelas masalahbila ada pern-
y a t a a n / g a g a s a n
y a n g
kurang jelaspenyampaiannya, agar
semua mahasiswa memperoleh per-
sepsi yang sama.
(2) Memberi pertanyaan-pertanyaan un-
tuk menguji dan mengkritisi hasil
presentasi kepada seluruh maha-
siswadi kelas. Pertanyaan yang diaju-
kan adalah pertanyaan evaluatif
(pertanyaan “Mengapa?”). Dengan
menjawab pertanyaan evaluatif ini
mahasiswa dapat memilih, menilai,
menilai, mengambil keputusan,
mengkritik, mempertahankan penda-
pat maupun menghakimi. Melalui
pertanyaan evaluatif dosen dapat
mengukur kemampuan mahasiswa
dalam berargumentasi, mem-
prediksi,mengambil keputusan, dan
membuat generalisasi atas topik
yang sedang dibahas.
c. Dosen memberikan kesempatan maha-
siswa dari kelompok lain untuk berpar-
tisipasi,
(1) Mempersilahkan mahasiswa dari
kelompok lain (kelompok yang tidak
presentasi) untuk memberikan per-