Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.10 No. 1
122
H a l a m a n
tanyaan atau pendapat kepada
kelompok yang presentasi.
(2) Memonitor agar pertanyaan -
pertanyaan dan jawaban-jawaban
tidak dimonopoli orang mahasiswa-
mahasiswa tertentu saja.
d. Dosen membantu memecahkan ma-
salah, jika ada jalan buntu karena perbe-
daan pendapat.
III. Tahap Penutup
a. Membuat kesimpulan dari topik yang
sedang dibahas.
b. Memberi gambaran tentang tindak lanjut
hasil diskusi.
c. Mengajak mahasiswa untuk menilai
proses dan hasil diskusi.
Selanjutnya mempersilahkan
kelompok kedua untuk mempresentasikan
hasil analisis puisikelompok mereka dengan
tahapan-tahapan yang sama seperti kelom-
pok pertama.
C. PENUTUP
Apapun metode pengajaran yang
akan digunakan oleh dosen dalam
pengajaran(analisis) karya sastra asing,
basic of
knowledge
(Indonesia) terlebih dahulu, karena jika
tidak, dosen tidak bisa menuntut
mahasiswa untuk dapat memahami sastra
asing yang masih asing bagi mereka
karenamahasiswa sendiri belum memahami
prinsip dan konsep karya sastra secara
umum.
Dalam pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan metode diskusi
terbimbing seperti ini, mahasiswa secara
tidak langsung dituntut untuk dapat
menganalisis unsur-unsur puisi dengan
melakukan berbagai macam kegiatan
penemuan dan bekerjasama dengan
mahasiswa lain dalam suatu kelompok.
Disamping itu, pembelajaran analisis karya
sastra dengan pendekatan seperti ini
memberikan ruang gerak yang lebih luas
kepada mahasiswa dalam arti mahasiswa
lebih berkesempatan untuk mendalami dan
memperoleh informasi sebanyak-banyaknya
mengenai sebuah topik yang ditugaskan
kepada mereka. Dengan demikian,
pengajaran analisis karya sastra asing akan
lebih menarik dan bernilaikarena pendapat-
pendapat serta pengetahuan dari
mahasiswa lahir dari penemuan-penemuan
mereka sendiri yang merupakan suatu hasil
pembelajaran yang bermanfaat.
REFERENSI
Guru dan Anak
Didik dalam Interaksi Edukatif
karta : PT. Rineka Cipta
Strategi Belajar Men-
gajar
Diskusi Kelompok Ter-
bimbing Model Tutor Sebaya
sawali.info/2007/12/29/diskusi-
kelompok-terbimbing-model-tutor-
sebaya/ ( unduh : 18 November
2011)
Keterampilan Membimbing
Diskusi
d o c / 3 0 3 4 0 1 5 7 / k e t e r a m p i l a n -
vember 2011)
Tantangan Tingkat
Dua Pengajaran Sastra,
orangindonesia.net/2010/01/04/
tantangan-tingkat-dua-pengajaran-
Wahyuningrum R. (2011
Penggunaan
Model Jigsaw pada Kelas Pengantar
I l m u
S a s t r a
kasi.kompasiana,com/2011/03/06/
m e t o d e - k o o p e r a t i f - d a l a m -
vember 2011)