Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.10, No. 2
263
H a l a m a n
KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KREASI DAN INOVASI PERUSAHAAN
LITA WULANTIKA, SE., M. Si
Fakultas Ekonomi - Jurusan Manajemen
Universitas Komputer Indonesia
Persaingan bisnis yang dihadapi saat ini semakin kompleks, kondisi persaingan
yang lebih agresif dan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat
menuntut langkah bisnis makin cepat. Ekonomi duniapun saat ini memasuki era
knowledge-based economy
knowledge
daya pengetahuan, ide dan kreativitas. Perkembangan teknologi khususnya
teknologi informasi membuat pekerja yang berpendidikan dan berkeahlian menjadi
semakin bernilai.. Berkaitan dengan faktor ekternal sebuah perusahaan tersebut,
knowledge dalam sebuah perusahaan menjadi semakin penting
diknowledge-based economy
Aset knowledge pada zaman persaingan seperti saat ini semakin diperlukan akibat
makin cepat dan derasnya arus informasi. Sebuah perusahaan pasti memiliki asset
knowledge, namun pada kenyataannya asset knowledge ini tidak digunakan secara
maksimal dikarenakan organisasi tidak memiliki system untuk mengelola knowledge
tersebut
Knowledge managementmerupakan kegiatan organisasi dalam mengelola
pengetahuan sebagai aset, dimana dalam berbagai strateginya ada penyaluran
pengetahuan yang tepat kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang cepat,
hingga mereka bisa saling berinteraksi, berbagi pengetahuan dan
mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari demi peningkatan kinerja
organisasi. Knowledge management
perusahaan, melainkan merupakan metode agar perusahaan selalu mempunyai
energy untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam waktu yang cepat sehingga
perusahaan dapat mempertahankan daya hidupnya.knowledge management
merupakan system yang dibuat untuk menciptakan , mendokumentasikan,
menggolongkan dan menyebarkan knowledge dalam organisasi sehingga knowledge
mudah digunakan kapanpun diperlukan, oleh siapa saja sesuai dengan tingkat
knowledge management
(KM) atau manajemen pengetahuan. Knowledge management atau sering disingkat
KM sendiri sejatinya dapat diartikan sebagai sebuah tindakan sistematis untuk
mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mendistribusikan segenap jejak
pengetahuan yang relevan kepada setiap anggota organisasi tersebut, dengan
Knowledge management
sebuah organisasi merupakan sistem dalam sebuah perusahaan yang saling terkait
Knowledge management
menyediakan mekanisme bagi penggunanya untuk memberikan masukan mengenai
Kata Kunci : Knowlwdge Management
bidang
EKONOMI