Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 1 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.11 No. 1

3

H a l a m a n

SUMBER KEUNGGULAN BERSAING, STRATEGI PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP

KEUNGGULAN POSISIONAL DAN KINERJA PEMASARAN PTS

EDDY SOERYANTO SOEGOTO

Universitas Komputer Indonesia

Low marketing performance of Private Universities at Kopertis Regional

IV in West Java and Banten that being found from the number of new student,

graduates‟ academic quality and graduates‟ absorption at job market, caused by

several factors. The writer conducted comprehensive research in regard to

various factors of Source of Competitive Advantages, Marketing Strategies,

Positional Advantage, and Marketing Performance by means of a survey of

associated stakeholders comprising 215 heads of private universities by using

stratified random sampling methods, 2150 students and 2150 societies

including an application of descriptive analysis for qualitative variables and

verificative analysis to examine the hypothesis through a structural equation

model (SEM) with LISREL software.

The results of research reveal that Source of Competitive Advantage

have influence on Marketing Strategy. Source of Competitive Advantage and

Marketing Strategy have influence on Positional Advantage. Source of

Competitive Advantage,Marketing Strategy and Positional Advantage have

influence on Marketing Performance.

Keywords : Sources of Competitive Advantage, Marketing Strategy, Posi-

tional Advantage and Marketing Performance

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perguruan tinggi merupakan salah

satu instrumen pendidikan nasional, juga

merupakan wahana tenaga ahli, diharapkan

mampu menjadi pusat penyelenggara dan

pengemban ilmu pengetahuan, teknologi

dan kesenian sebagai masyarakat ilmiah

yang penuh cita-cita luhur, serta mampu

memberikan sumbangan kepada pemban-

gunan. Perguruan tinggi merupakan salah

satu lembaga pendidikan yang secara for-

mal diserahi tugas, wewenang dan tang-

gung jawab mempersiapkan mahasiswa

sesuai dengan tujuan pendidikan nasional,

yaitu mengisi kebutuhan masyarakat akan

tersedianya tenaga ahli dan tenaga terampil

dengan tingkat dan jenis kemampuan yang

sangat beragam. Karena itu mahasiswa

sebagai peserta didik dan generasi muda

yang mempunyai kedudukan dan peranan

penting dalam mewujudkan cita-cita pem-

bangunan nasional, senantiasa perlu di-

bimbing dan dikembangkan.

Perkembangan jumlah perguruan

tinggi swasta (PTS) di Kopertis Wilayah IV

sangat pesat dibandingkan dengan wilayah

lainnya di Indonesia. Hal ini menumbuhkan

rasa bangga karena adanya kemajuan

sebagai wujud kepedulian peran swasta

dalam dunia pendidikan. Tetapi perlu

bidang

EKONOMI