Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16
Page 10 of 16Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.11 No. 1
50
H a l a m a n
wilayah tertentu, sedangkan untuk ruas
jalan tinjauan dilakukan secara individual
ruas per ruas. Dalam SPM jaringan jalan
terdapat tiga aspek bidang pelayanan, yaitu
aspek aksesibilitas, aspek mobilitas, dan
aspek kecelakaan. Sedangkan untuk ruas
jalan (individu) standar pelayanan minimal
terdiri atas dua bidang, yaitu kondisi jalan
(secara fisik) dan kondisi pelayanan jalan
(operasional).
Aspek
aksesibilitas
terkait
dengan
kemudahan suatu wilayah untuk dijangkau
melalui jaringan jalan yang ada. Dalam
pengertian tersebut, maka satuan indikator
tersebut adalah proporsi antara panjang
jalan yang disediakan dengan luasan
wilayah daratan yang harus dilayani atau
secara dimensional dipresentasikan sebagai
km/km
2
. Besarnya nilai aspek aksesibilitas,
atau
lebih
dikenal
sebagai
indeks
aksesibilitas,
divariasikan
berdasarkan
Mohamad Donie Aulia, ST., MT
Gambar 2. Sistem Jaringan Jalan Sekunder