Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.11 No. 2
189
H a l a m a n
OBJEK KAJIAN
Facebook merupakan salah satu sosial
media paling populer di dunia. Sampai
dengan akhir tahun 2012, Facebook
tercatat telah memiliki pengguna menca-
pai 1 miliar orang (Kompas.com). Sejak
Facebook diluncurkan pada Februari
2004, setidaknya sudah terkumpul 1,13
triliun "Like", 140,3 miliar koneksi te-
man, 219 miliar foto yang diunggah, 17
check
-in
dimainkan sebanyak 22 miliar kali. Indo-
nesia sendiri merupakan salah satu dari
lima negara dengan pengguna Facebook
terbesar didunia selain Brasil, India,
Meksiko, dan Amerika Serikat.
Sejak pertama kali muncul hingga kini,
Facebook telah mengalami beberapa
website-
Namun, dari perubahan-perubahan tam-
pilan tersebut salah satu hal yang paling
dipertahankan adalah warna. Facebook
mempertahankan warna biru sebagai
website
Mark Zuckerberg, sebagai pendiri Face-
book lah yang menentukan penggunaan
warna biru sebagai warna dominan, yang
dipadu dengan warna putih.
website
Diakses 16 Januari 2013
Dalam sebuah wawancara dengan di-
publikasikan oleh majalah The New
Yorker dan dikutip oleh CNN.com Mark
Zuckerberg membeberkan alasannya
mengenai pilihannya pada warna biru.
Menurutnya hal ini didasari karena ia
mengalami buta warna, merah-hijau se-
hingga warna yang dapat dilihatnya
adalah biru.
Selain itu, berbeda dengan sosial media
sebelumnya seperti Friendster, desain
website
customized
konsistensi desain termasuk warna di
dalamnya yang pada akhirnya turut
memperkuat citra visual pada Facebook.
b. UNIKOM (www.unikom.ac.id)
website
website
(Universitas Komputer Indonesia). Den-
gan
menggunakan
alamat
www.unikom.ac.id, situs dari sebuah per-
guruan tinggi swasta terkemuka di Band-
ung ini menggunakan warna biru sebagai
warna utama yang berangkat dari warna
identitas visual (logo) kampusnya.
website
Diakses 16 Januari 2013.
Seperti layaknya Facebook, warna biru
tetap menjadi ciri khas utama meskipun
website
galami perubahan desain. Kombinasi
antara biru muda dan biru tua serta efek
website
cara modern dan elegan.
Wantoro, S.Ds.