Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 1
34
H a l a m a n
dihadapi yaitu antrian yang cukup panjang.
Shift
shift
22.00-06.00 WIB, dengan jumlah gardu
yang aktif sebanyak 8 gardu dan utilitas
yang diperoleh sebesar 7.403% hal ini da-
pat diartikan bahwa performansi kerja sis-
tem masih kurang baik. Namun jika untuk
meningkatkan utilitas maka jumlah gardu
bisa dikurangi namun ada kendala yang
dihadapi yaitu antrian yang cukup panjang.
Analisis Untuk Perbaikan Peningkatan
Kinerja Gerbang Tol
Untuk meningkatkan kinerja ger-
bang tol Pasteurada dua alternatif yang dila-
kukan yaitu jumlah gardu tol dan alternatif
kedua adalah waktu pelayanan. Berikut
adalah analisis alternatif untuk meningkat-
kan kinerja gerbang tol Pasteur.
Alternatif 1 Jumlah Gardu Tol Pasteur
Untuk alternative 1 ini, proses per-
baikan kinerja dilihat dari penambahan
gardu tol yang ada di pintu Tol Pasteur. Jum-
lah gardu tol yang diusulkan untuk ditam-
bahkan adalah berjumlah 2 unit sehingga
total terdapat 10 unit gardu tol (pada shift !
dan II) yang dioperasikan pada pintu Tol
Pasteur ini. Sedangkan untuk shift III, jum-
lah gardu tol nya dikurangi menjadi 2 unit.
Hasil perbaikannya dapat dilihat pada tabel
4 berikut ini.
Tabel 4. Alternatif 1 usulan perbaikan
Dari Tabel 4 diatas, kita dapat melihat
bahwa dengan menggunakan gardu seban-
yak 10 gardu pada saat jam kerja yang ter-
shift, shift
shift
gardu dari 8 (delapan) gardu dikurangi men-
shift
shift
diperoleh sebesar 27.25% sedangkan saat
shift
29.61% dengan mengurangi menjadi 2
gardu.
Alternatif 2 Waktu Pelayanan Kendaraan
Untuk alternative 2 ini membutuhkan per-
anan operator yang cukup signifikan. Untuk
dapat meningkatkan pelayanan kepada kon-
sumen, maka waktu pelayanan operator
harus dapat ditingkatkan. Ada beberapa
cara yang dapat dilakukan untuk memper-
cepat waktu pelayanan operator yang ada di
gardu tol, diantaranya :
Memberikan pelatihan terhadap opera-
tor hal ini dilakukan agar kecepatan
waktu melayani lebih terlatih dan lebih
professional.
Memberikan jalur khusus untuk uang
pas sehingga tidak memakan waktu
yang lebih lama.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang didapatkan dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Gerbang Tol Pasteur merupakan salah
satu gerbang tol yang dapat dikategori-
kan padat yang ada di kota Bandung,
karena merupakan pintu akses para
wisatawan yang akan masuk ke kota
Bandung.
2. Berdasarkan ukuran performansi dari
antrian yang ada, diperoleh tingkat utili-
tas masih termasuk rendah untuk se-
buah system antrian.
3. Kondisi kepadatan di gerbang Tol Pas-
teur juga disebabkan oleh tata letak ger-
bang tol yang kurang strategis, dimana
jarak antara gerbang tol dengan lampu
lalu lintas yang ada di perempatan Pas-
teur masih termasuk kategori dekat se-
I Made Aryantha Anthara
No
Shift
Jumlah
gardu
Tingkat utilitas
(%)
1
I
10
30.56
2
II
10
27.25
3
III
2
29.61