Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16
Page 1 of 16Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
135
H a l a m a n
KAJIAN MULTIMEDIA INTERAKTIF & MOTIVASI BERMAIN GAME FARMVILLE-2
PADA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK
DENI ALBAR, WIRA MAHARDIKA
Program Studi Disain Komunikasi Visual– Fakultas Disain
Universitas Komputer Indonesia
salah satu media jejaring sosial yang cukup dikenal luas di Indonesia. Dalam
FacebookgameFarmVille-2
Game FarmVille-2 merupakan sekuel lanjutan dari Game pendahulunya, yakni
game
gameFacebook
membedakan game FarmVille-2 dan FarmVille adalah bentuk 2D dan 3D. Pada
FarmVille
membuat para pemainnya memiliki perkebunan khayalan yang secara disadari
game
Seringkali pemain ketagihan dan lupa waktu akan waktu didunia nyata karena
terlarut dalam game. Berdasarkan kejadian-kejadian yang ada, merupakan hal
FarmVille
mengidentifikasinya untuk mendapatkan motivasi & keinteraktifan dari game.
Penelitian
ini
menggunakan
pendekatan
phenomenology
dengan
gameFarmVille-2
pengalamannya melalui wawancara mendalam. Pernyataan informan di analisis
dengan teori game, teori pengalaman pemain dan teori motivasi bermain. Hasil
dari penelitian menunjukan kecenderungan pengalaman interaksi pemain yang
terkait dengan motivasi, tujuan, peleburan total, grafis serta acara tematik yang
FarmVille-2immersivitasgame
media sosial, dapat terjadi melalui dorongan untuk mengejar rasa senang yang
diikuti rasa takut, dan ditandakan melalui aturan main serta objek-objek visual
dalam waktu tertentu.
FenomenaMotivasi, FarmVille-2
PENDAHULUAN
Internet
pada
masa
sekarang
ini
merupakan suatu kebutuhan yang tidak
bisa diabaikan bagi kelangan tertentu.
Menurut Nguyen (2011) dalam situs
comscore.com,
online
menyatakan bahwa Indonesia berada di
urutan teratas dalam hal peningkatan
pengguna internet untuk kawasan Asia
Tenggara pada tahun 2010 dengan
penetrasi situs jejaring sosial di Indonesia
mencapai persentase tertinggi sampai 90%.
Contoh situs berbasis media sosial seperti
YouTube
yang cukup populer yang terdapat dalam
bidang
DISAIN