Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16
Page 3 of 16Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
137
H a l a m a n
game
sering terlupakan, diduga ada dua
kemungkinan yang menyebabkan hal
game
sebagai media untuk anak-anak yang
seiring waktu akan tumbuh dan tidak
membutuhkan telaah lebih lanjut. Kedua,
game
secara tidak seimbang sering dibandingkan
game
dipandang sebelah mata untuk dikaji.
Padahal, menurut Newman (2004:3),
game
game
popularitas
dari
game
dan
game
human-computer
interaction
pengkajian tentang game merupakan suatu
hal yang perlu dan penting dilakukan.
game
konten sistem dan visual yang disajikan
Game
Facebookgame
single playermultiplayer
applications do in fact fulfil the definition of
‘games’, then it is usually as ‘casual game’,
a particular kind of games performed online
that is, among other thing”.
gameFacebook
gameFacebook
pesat dan sukses menjadi fenomena sosial
di masyarakat. Seperti yang diungkapkan
oleh Raessens dalam Rao (2008) bahwa
Facebook applications, media phenomena
difficult to define as ‘games’ or ‘play’, that
carry a large share in the responsibility for
social interaction within social networks
FarmVilleFarmVille-2game
dengan tema simulasi berkebun yang
gameFacebook
vivanews.comgame
terpopuler
dalam
adalah
FarmVille
pengguna dan menjadi fenomena tersendiri
gameFacebookGame
FarmVille
dilansir oleh Tomuse (2010). Pengalaman
gameFarmVille
fenomena di masyarakat. Dalam beberapa
game
FarmVille
menuliskan
mengenai
persentase
konsumerisme pembelian objek-objek yang
game
secara berlebihan melalui kartu kredit.
Konsumerisme melalui penggunaan kartu
kredit yang melonjak akibat permainan
onlineFarmVille
okezone.comFarmVille
terdapat fitur transaksi penukaran mata
FarmCash
FarmCoin
FarmCashFarmCoin
gameFarmVille
yang digunakan untuk membeli berbagai
items/objects
dalam permainan.
Game
FarmVille-2
memiliki
tingkat
immersivitas
pemainnya terlarut dalam permainan dalam
game
dunia nyata. Beberapa pengalaman bermain
gameFarmVille
Amerika Serikat, terjadi kasus orang tua
menghilangkan nyawa anaknya karena
terlalu larut dalam
peleburan total
immersivitas
permainan
sehingga
menelantarkan anaknya, tercantum dalam
lintasberita.com
adanya fenomena atau fakta yang ada dan
game FarmVille-2
maka muncul beberapa pertanyaan yang
belum terjawab yaitu; Hal apa yang memacu
game FarmVille-2
pengalaman pemain selama memainkan
game
FarmVille-2
game
FarmVille
(2005:15) yang menyatakan “Selain karena
adanya kesenjangan antara kenyataan dan
Deni Albar, Wira Mahardika