Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16
Page 4 of 16Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
138
H a l a m a n
harapan, permasalahan bisa saja timbul
karena adanya ambiguitas, kesangsian
terhadap suatu fenomena, atau karena
adanya gap antara fenomena yang satu
dengan yang lain”. Oleh sebab itu, maka
pertanyaan-pertanyaan di atas menjadi
sesuatu
hal
yang
melatarbelakangi
permasalahan dalam penelitian. Fenomena-
fenomena yang terjadi dimasyarakat seperti
pengalaman-pengalaman
yang
dilansir
dalam beberapa media menjadi suatu hal
yang
menarik
untuk
ditelaah
dan
diidentifikasi. Berdasarkan pengalaman
para pemain dapat dikaji hal-hal yang
menjadi makna dari interaksi yang terjadi
selama
pemain
memainkan
game
FarmVille
Kajian tentang game FarmVille-2 bukan
suatu penelitian baru. Dari berbagai literatur
yang ada, baik dalam karya tulis ilmiah,
buku maupun media internet, sudah ada
game FarmVille-2
namun belum ditemukan secara spesifik
kajian
yang
membahas
mengenai
pengalaman dan makna bermain dalam
gameFarmVille-2
pemain yang berasal dari masyarakat
Indonesia. Penelitian diharapkan menjadi
sebuah
kajian
objektif
dalam
mendeskripsikan pengalaman interaksi
gameFarmVille-2
terdapat dalam situs jejaring sosial
yang terdapat dalam pengalaman interaksi
gameFarmVille-
2
menjadi sumbangan ilmu atau bahan
literatur dalam ilmu desain, khususnya
dalam studi mengenai desain dan media
atau terlebih lagi dalam bidang multimedia
interaktif.
gameFarmVille-2
sebagai objek kajian dikarenakan fenomena
yang terjadi dalam media tersebut yang
semakin
berpeluang
besar
dalam
memberikan lahan untuk berinteraksi di
masyarakat. FarmVille-2 juga mengklaim
sebagai game paling populer didunia.
Terdapat hal yang dapat menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini. Adapun yang
menjadi analisis potensial sebagai rumusan
pertanyaan dari penelitian ini yaitu;
Deni Albar, Wira Mahardika
FarmVille-2
Sumber : https://lh3.ggpht.com/CokqslivXZ3cVeeYL1MYGlFbFqMNtEfRBFc
G1MYpS7x7vnI7-71_l790UTqHA-COSgQ=h900 (18/03/2014)