Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16
Page 6 of 16Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
140
H a l a m a n
Adapun
cabang
fenomenologi
yang
Realistic Phenomenology
yang menekankan pencarian menyeluruh
mengenai manusia ditinjau dari berbagai
objek, yang meliputi tindakan dan motifnya
serta nilai kepribadian atau makna bagi
pelakunya,
Mudjiyanto
dan
Kenda
(2010:55). Ada beberapa langkah dalam
metode fenomenologi. Langkah-langkah
yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari
beberapa
tahap
seperti
apa
yang
dinyatakan Cresswell dalam Kuswarno
(2009), yaitu tahap perencanaan penelitian,
tahap pengumpulan data, tahap analisis
data dan tahap membuat kesimpulan.
Dalam tahap perencanaan penelitian,
langkah yang dilakukan adalah membuat
daftar atau acuan pertanyaan, memilih
informan dan telaah dokumen. Langkah
lainnya adalah menentukan informan,
dimana informan adalah mereka yang
terlibat langsung dalam situasi atau
kejadian yang berkaitan dengan topik
game
FarmVille
bahwa dalam penelitian fenomenologi
informan paling tidak berada dalam satu
lokasi atau wilayah yang sama. Langkah
berikutnya adalah studi pustaka dari
berbagai sumber seperti karya ilmiah,
jurnal, buku referensi, dan sumber lain
sebagainya. Pada tahap analisis data
penelitian fenomenologi menurut Creswell
(2007:255),
langkah
pertama
yang
dilakukan adalah mendeskripsikan secara
menyeluruh pengalaman dan merinci
pernyataan-pernyataan hasil wawancara,
pernyataan
kemudian
dikelompokkan
dalam unit-unit yang bermakna. Tahap
berikutnya setelah analisis data adalah
tahap simpulan dengan membuat ringkasan
dan ikhtisar dari keseluruhan penelitian.
Studi pustaka digunakan dalam penelitian
guna memperoleh data yang berhubungan
dengan penelitian baik buku maupun
pustaka penelitian sebelumnya. Studi
literatur yang berhubungan dengan kajian
game
teori. Pustaka digunakan sebagai dasar
dalam memberikan gambaran data
penelitian. Langkah yang dilakukan pada
saat
studi
pustaka
yakni
dengan
struktur
gameFarmVilleFacebook
dimana hasil interpretasi ini menjadi suatu
modal dalam menentukan parameter
analisis.
Adapun pustaka yang digunakan adalah
berupa buku, jurnal, penelitian dan sumber-
sumber dari internet yang berhubungan
dengan objek kajian. Teori yang digunakan
sebagai rujukan dalam penelitian ini
gameTheory of
Game
serta Oxland (2004) dan teori pengalaman
Theory of Player Experience
dikemukakan oleh Aki Jarvinen (2008).
game
mengidentifikasi struktur yang terdapat
gameFarmVille
gameFarmVille-2
digunakan
sebagai
rujukan
dalam
menentukan elemen-elemen atau struktur
dalam
game
FarmVille
yang
dapat
ditanyakan pada informan berhubungan
dengan
pengalaman-pengalaman
yang
dilaluinya.
Teori
pengalaman
pemain
Theory of Player Experience
untuk menentukan pengalaman apa yang
dapat ditanyakan pada informan sebagai
pemain, sehingga informasi yang diperoleh
dari informan dapat disinkronisasikan
dengan teori yang ada secara ilmiah. Dalam
studi pustaka juga digunakan teori
Achievement-Social-Immersivitas
Motives
yang dikemukakan Nick Yee (2006). Teori
Achievement-Social-Immersivitas
Motives
digunakan untuk menjadi rujukan dalam
menentukan jenis motivasi utama apa yang
game
FarmVille
berhubungan
dengan
Realistic
Phenomenology
yang
menekankan
pencarian universal manusia ditinjau dari
berbagai objek, yang meliputi tindakan dan
motivasinya.
Deni Albar, Wira Mahardika