Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
187
H a l a m a n
PENERAPAN METODE PENUGASAN
DALAM PERKULIAHAN ALJABAR LINIER DAN MATRIKS
KANIA EVITA DEWI, EDNAWATI RAINARLI
Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks dengan metode penugasan terhadap
peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen pretes-postes dengan kelas kontrol. Sampel penelitian
yang digunakan adalah dua kelas tingkat 2 di Prodi IF UNIKOM. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tes kemampuan berpikir nalar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir nalar
mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks dengan
metode penugasan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat
perkuliahan aljabar linier dan matriks biasa. Hal-hal yang mendukung dalam
perkuliahan ini adalah potensi nalar mahasiswa, mahasiswa terlibat aktif dalam
perkuliahan. Sedangkan hambatan dalam perkuliahan ini adalah waktu yang
kurang memadai dan lemahnya pemahaman konsep dan materi prasyarat
mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran, yaitu:
Membuat diktat aljabar linear dimana didalam diktat tersebut tidak hanya berisi
materi yang akan disampaikan namun juga berisi langkah-langkah kegiatan
perkuliahan dengan menggunakan metode penugasan (bisa dalam bentuk
lembar kerja); Mengkaji kecocokan metode penugasan untuk materi yang
berbeda di Aljabar Linear dan Matrik; Melakukan eksperimen dengan
peer teaching
dapat digunakan pada kelas besar dan dengan karakteristik kemampuan
mahasiswa yang beragam.
Kata kunci: Pembelajaran matematika, metode penugasan, ruang eigen
PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara berkembang
yang menuntut adanya peningkatan
kualitas sumber daya manusia agar dapat
mensejajarkan dirinya dengan negara-
negara maju. Peningkatan sumber daya
manusia dapat dilakukan dengan adanya
pendidikan yang baik. Salah satu indikator
dari pendidikan yang baik adalah adanya
peningkatan kemampuan nalar peserta
didik.
Didalam kehidupan, daya nalar seseorang
sangat
dibutuhkan.
Baik
dalam
menyelesaikan masalah maupun untuk
bersosialisasi. Dengan daya nalar yang baik
seseorang dapat menentukan sesuatu baik
atau buruk dan dengan daya nalar pula
seseorang akan bekerja dengan
bidang
TEKNIK