Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
189
H a l a m a n
tidak terlalu banyak. Memberikan tugas
y a n g
b e r l e b i h a n
t id a k
ak a n
menimbulkan sikap-sikap yang positif,
malah mungkin sebaliknya.
Agar metode penugasan dapat berlangsung
secara efektif, dosen perlu memperhatikan
langkah-langkah sebagai berikut :
1. Aturan tugas harus dijelaskan diawal
2. Tugas yang diberikan harus dapat
dipahami peserta didik, kapan
mengerjakannya, bagaimana cara
mengerjakannya, berapa lama tugas
tersebut harus dikerjakan, secara
individu atau kelompok, dan lain-lain.
3. Apabila tugas tersebut berupa tugas
kelompok, perlu diupayakan agar
seluruh anggota kelompok dapat terlibat
secara aktif dalam proses penyelesaian
tugas tersebut, terutama jika tugas
tersebut diselesaikan di luar kelas.
4. Perlu diupayakan dosen mengontrol
proses penyelesaian tugas yang
dikerjakan oleh mahasiswa.
5. Penilaian yang diberikan sebaiknya tidak
hanya menitikberatkan pada produk,
tetapi perlu dipertimbangkan pula
bagaimana proses penyelesaian tugas
tersebut. Penilaian hendaknya diberikan
secara langsung setelah tugas
diselesaikan, hal ini disamping akan
menimbulkan minat dan semangat
belajar mahasiswa, juga menghindarkan
bertumpuknya pekerjaan mahasiwa yang
harus diperiksa.
TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini
adalah: untuk mengetahui peningkatan
kemampuan daya nalar mahasiswa yang
memperoleh perkuliahan dengan metode
penugasaan dan mahasiswa yang
memperoleh perkuliahan ekspositori.
Manfaat
Adapun hasil penelitian ini dapat digunakan
oleh dosen pengampu mata kuliah Aljabar
Linear sebagai dasar penggunaan metode
penugasan dalam kegiatan perkuliahan.
METODE PENELITIAN
Teknik Pengumpulan Data
Didalam melakukan penelitian ini
dibutuhkan data-data pendukung seperti
informasi mengenai langkah-langkah
penggunaan metode penugasan, hasil
penilaian dari penggunaan metode
penugasan dan ekspositori dan lainnya.
Adapun teknik pengumpulan data yang
dilakukan pada penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Observasi, yaitu mengamati secara
langsung proses perkuliahan yang
dilakukan dengan menggunakan metode
penugasan dan ekspositori serta
mengamati perubahan pemahaman
mahasiswa sebelum dan sesudah
diperkuliahan yang dilihat dari
perubahan tindakan mahasiswa.
2. Studi literatur, dilakukan dengan
mencari
pustaka-pustaka
yang
menunjang. Pustaka tersebut dapat
berupa buku-buku atau mencari
penjelasan melalui internet untuk
pemecahan masalah yang berkaitan
tentang materi Aljabar Linear dan
Matriks, teori mengenai metode
penugasan serta penjelasan mengenai
langkah-langkah pengujian hipotesis
dengan menggunakan perangkat lunak
SPSS.
3. Pretest dan Posttes, dilakukan dengan
cara pemberian seperangkat alat uji
kepada kelompok yang menerima
perkuliahan dengan metode penugasan
dan metode ekspositori, untuk
mengetahui pengaruh perkuliahan.
Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli