Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
190
H a l a m a n
Alur Pikir Penelitian
Prosedur penelitian ini dilakukan beberapa
tahap sebagai berikut:
1. Menyusun proposal penelitian.
2. Membuat bahan ajar yang merupakan
rangkuman dari ruang eigen yang akan
diajarkan, dan juga membuat instrumen,
alat-alat yang akan digunakan dalam
penelitian untuk mengumpulkan data,
dan tes sebagai alat ukur kemampuan
berpikir nalar.
3. Melaksanakan uji coba tes terhadap
mahasiswa IF tingkat 2 yang telah
memperoleh materi ruang hasil kali
dalam dan Transformasi Linier dan
Matriks.
4. Menganalisis soal setelah diuji coba
untuk menentukan validitas dan
reliabilitas.
5. Merevisi soal-soal tes hasil uji coba,
apabila terdapat butir soal yang tidak
memenuhi syarat dibuang atau
diperbaiki.
6. Memilih dua kelas tingkat 2 dari tujuh
belas kelas di IF UNIKOM untuk
dijadikan kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen dengan cara
diundi.
7. Melangsungkan pretes dua kelas yang
telah dipilih sebagai kelas kontrol dan
kelas eksperimen. Pemberian pretes
dilakukan sebelum memasuki bab ruang
eigen. Pemberian pretes ini dilakukan
untuk mengetahui tingkat kemampuan
berpikir nalar awal mahasiswa. Soal
pretes berupa uraian yang berisi soal-
soal.
8. Peneliti melaksanakan perkuliahan
dengan pendekatan penugasan pada
kelompok eksperimen dan peneliti lain
melaksanakan perkuliahan biasa pada
kelompok kontrol.
9. Melakukan postes pada kedua
kelompok setelah bab ruang eigen
selesai. Soal pretes dan postes
merupakan soal yang sama ini
dimaksudkan untuk melihat perubahan
tingkah laku mahasiswa apakah
mahasiswa menjawab untuk suatu soal
tetap atau berubah. Untuk kelompok
eksperimen setelah melaksanakan
postes.
Prosedur penelitian yang diuraikan di atas
digambarkan pada Gambar 1 di bawah ini.
Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli
Persiapan
Pembuatan
Pembuatan rencana
Pemb. Penugasan
Uji Instrumen
Pretes
Perkuliahan
Pemb. Penugasaan
Postes
Analisis Data
Kesimpulan
Revisi
Analisis soal
Kelas
Kelas
Gain
Gambar 1. Diagram Pelaksanaan Penelitian