Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.12 No. 2
194
H a l a m a n
adalah:
1. Perkuliahan dengan metode penugasan
merupakan salah satu alternatif dalam
perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks.
2. Perkuliahan Aljabar Linear dan Matriks
melibatkan mahasiswa secara aktif pada
proses perkuliahan, terutama dalam
perkuliahan dengan kelompok. Dalam
perkuliahan
dengan
kelompok
mahasiswa dapat saling menukar ide
dan pengembangan pemecahan
masalah yang dilakukan mahasiswa
tidak hanya satu.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan
pengujian hipotesis, maka dapat ditarik
kesimpulan perkuliahan Aljabar linier dan
Matriks dengan metode penugasan dapat
meningkatkan kemampuan berpikir nalar
lebih baik dibandingkan perkuliahan Aljabar
Linear dengan menggunakan metode
ekspositori. Artinya perkuliahan Alajabar
Linier dan Matriks dengan metode
penugasan memberikan pengaruh terhadap
peningkatan kemampuan berpikir nalar dari
mahasiswa. Hal ini terlihat dari gain yang
diperoleh dari kelas eksperiemen sebesar
0,28.
Saran
Untuk pengembangan hasil penelitian ini
khususnya untuk mata kuliah Aljabar Linear
dapat dilakukan dengan cara:
1. Membuat diktat aljabar linear dimana
didalam diktat tersebut tidak hanya
berisi materi yang akan disampaikan
namun juga berisi langkah-langkah
k e g i at a n
p e r k u l i a h an
d e n g a n
menggunakan metode penugasan (bisa
dalam bentuk lembar kerja).
2. Mengkaji kecocokan metode penugasan
untuk materi yang berbeda di Aljabar
Linear dan Matrik.
3. Melakukan eksperimen dengan
menggunakan metode perkuliahan
peer teaching
yang dapat digunakan pada kelas besar
dan dengan karakteristik kemampuan
mahasiswa yang beragam.
DAFTAR PUSTAKA
http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/
MODEL_PERKULIAHAN_MATEMATIKA/
METODE__PERKULIAHAN__MATEMATIK
A,_BERMAIN__SAMBIL__BELAJAR.pdf
diakses pada 6 Oktober 2013 : 13.45
http://jurnaljpi.files.wordpress.com/
2009/09/vol-2-no-2-achmad-nizar.pdf
diakses pada 6 Oktober 2013: 14.00.
http://118.97.35.230/pustaka/download/
utu-rahim/PERBANDINGAN%20HASIL%
2 0 T E S % 2 0 K E T E R A M P I L A N %
2 0 P E N A L A R A N % 2 0 F O R M A L %
20MAHASISWA%20SEBELUM%20DAN%
20SESUDAH%20PERKULIAHAN.pdf
diakses pada 6 Oktober 2013: 14.00
http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/
MODEL_PERKULIAHAN_MATEMATIKA/
METODE_PERKULIAHAN_MATEMATIKA,
_ B ER M A IN _ S A MB IL _ B E L A J AR. p d f
diakses pada 6 Oktober 2013 : 14.00
Metoda Statistika
Bandung: Tarsito.
Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
SMP Melalui Model Perkuliahan
Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (TAI).
FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan
Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli