Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19Page 20Page 21Page 22
Page 1 of 22Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.13 No. 2
143
H a l a m a n
MODEL PENGEMBANGAN ENTERPRISE
GOOD CORPORATE GOVERNANCE
KOTA EKONOMI KREATIF DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL
DI WILAYAH KOTA BANDUNG
SUPRIYATI, HERY DWI YULIANTO, APRIANI PUTI PURFINI
Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia
Produk kreatif memiliki potensi besar untuk dapat mengantarkan kota yang
mempunyai industri tersebut menjadi kota ekonomi kreatif maju dan mandiri.
Pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen sumber daya usaha produk
keatif masih kurang terperhatikan, yang pada gilirannya terdapat kelemahan
administratif, finansial, proses, akses ke perbankan dan lembaga keuangan.
Tata kelola manajemen yang baik sering menjadi kendala dalam hal efisiensi
dan efektivitas bagi produk kreatif yang tidak efisien akan mendatangkan kom-
good
corporate governance
buhan produk kreatif. Dengan model pengembangan yang tepat akan dapat
menciptakan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku usaha
kecil produk kreatif guna menciptakan enterpreneur muda mandiri, kreatif,
transparansi dan akuntabel yang pada gilirannya dapat membantu dalam upaya
menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.
Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu pendeka-
tan lapangan, pendekatan instansional dan pendekatan kepustakaan. Metode
penelitian menggunakan teori induktif karena berdasarkan dari fenomena yang
yang terjadi dan dirujuk kearah teori. Jenis data yang dikumpulkan untuk diana-
lisis terdiri atas data primer dan data sekunder. Penelitian ini diharapkan teri-
dentifikasinya jenis komoditi apa saja yang dimiliki UMKM produk kreatif sehing-
ga berpotensi ekspor atau menuju perdagangan internasional. Teridentifi-
value added
pada UMKM produk kreatif. Pemahaman, sikap dan perilaku pelaku industri
kreatif dalam mengembangkan usahanya menjadi optimal dan memiliki daya
saing dilihat dari sisi Investor.
Keywords : good corporate governance, UMKM produk kreatif, ekspor
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Ditengah Isu kenaikan Bahan Bakar Minyak
di Bulan November 2014 kemiskinan dan
pengangguran sampai saat ini masih
merupakan masalah pembangunan yang
paling besar memperoleh perhatian dari
pemerintah. Untuk Jawa Barat sendiri
tingkat perkembangan kemiskinan dapat
dilihat pada gambar 1.
bidang
TEKNIK