Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.13 No. 1
29
H a l a m a n
dua, yaitu :
1. Analisis Data Hasil Tes
Analisis hasil tes dilakukan untuk
mengetahui tingkat kemampuan dan
kesalahan mahasiswa dalam penggunaan
keigo.
Menghitung besarnya kemampuan maha-
siswa dalam penggunaan keigo dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
Mengukur besarnya kemampuan tiap maha-
siswa per universitas dalam penggunaan
keigo.
N = Skor Tercapai x 100
Skor Ideal
Keterangan :
N = Nilai yang diperoleh responden
100 = Skala nilai 100
Mengukur nilai rata-rata mahasiswa per
universitas dengan rumus:
X = ∑N
r
Keterangan :
X = Rata-rata nilai
∑N = Jumlah nilai Keseluruhan
r = responden
Setelah hasil rata-rata per universitas
diketahui kemudian, lalu diinterpetasikan
sesuai standar nilai yang berlaku di
UNIKOM, sebagai berikut:
Tabel 1. Standar Nilai
(Buku Panduan UNIKOM, 2014)
Mengukur nilai rata-rata keseluruhan maha-
siswa dengan rumus :
x = x1 + x2 + x3 + x4 + x5
5
Keterangan :
X1 = rata-rata nilai universitas 1
X2 = rata-rata nilai universitas 2
X3 = rata-rata nilai universitas 3
X4 = rata-rata nilai universitas 4
X5 = rata-rata nilai universitas 5
Menghitung tingkat kesalahan mahasiswa
dalam penggunaan keigo.
Analisis hasil tes keigo terhadap subyek
penelitian dilakukan menggunakan pen-
dekatan metodologi analisis kesalahan.
Tarigan (1990:71) menyatakan bahwa ana-
lisis kesalahan sebagai suatu prosedur kerja
yang memiliki langkah-langkah tertentu,
diantaranya dalam penelitian ini sebagai
berikut :
1. Menghitung tingkat kesalahan
penggunaan sonkeigo, dengan rumus :
Jumlah total kesalahan dalam soal sonkeigo x100%
Jumlah responden x jumlah soal sonkeigo
2. Menghitung tingkat kesalahan
penggunaan kenjogo, dengan rumus :
Jumlah total kesalahan dalam soal kenjogo x100%
Jumlah responden x jumlah soal kenjogo
3. Mengintepretasikan besarnya tingkat
k es al ah an
m ah as is w a
d a lam
penggunaan keigo
4. Mengindentifikasi dan mengklasifikasi-
kan kesalahan penggunaan keigo oleh
mahasiswa sesuai batasan masalah
diatas.
5. Menyusun peringkat kesalahan, seperti
mengurutkan kesalahan berdasarkan
frekuensi atau keseringannya.
6. Menjelaskan kesalahan: menggam-
barkan letak kesalahan, penyebab
kesalahan, dan memberikan contoh
yang benar.
2. Analisis Data Angket
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kesalahan mahasiswa dalam penggunaan
keigo melalui jawaban angket dengan
langkah sebagai berikut :
a. Mengkategorikan jawaban mahasiswa
berdasarkan skala berikut :
Fenny Febrianty, Pitri Haryanti, Soni Mulyawan Setiana
Nilai
Penafsiran
80-100
Sangat baik
68-79
Baik
56-67
Cukup
45-55
Kurang
0-44
Sangat Kurang