Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.13 No. 1
32
H a l a m a n
dalam perkuliahan;4) sebagian kecil maha-
siswa menginginkan agar disedia mata
kuliah khusus keigo; 5) sebagian kecil ma-
role play
model latihan keigo di kelas; 6) sebagian
kecil mahasiswa menginginkan agar per-
temuan yang membahas materi keigo di
kelas ditambah;7) sebagian kecil maha-
siswa menginginkan agar materi keigo yang
umumnya diajarkan di mata kuliah kaiwa
(percakapan) agar juga diselaraskan dan
disampaikan pada mata kuliah lainnya, sep-
erti dokkai dan chokkai; 8) sebagian kecil
mahasiswa menginginkan diberikan per-
bandingan dengan ragam bahasa ibu
(bahasa Sunda) yang juga memiliki ragam
hampir serupa dengan keigo, untuk mem-
permudah pemahaman;9) sebagian kecil
mengingikan agar keigo diajarkan langsung
oleh native speaker, dan 10) sebagian kecil
mahasiswa menginginkan agar materi keigo
selain disampaikan pada semester 2 untuk
pertama kalinya, akan lebih baik jika diu-
lang kembali pengajarannya di semester 7.
Fenny Febrianty, Pitri Haryanti, Soni Mulyawan Setiana
Tabel 4. Jawaban Mahasiswa Mengenai Tingkat Kemampuan Keigo yang dimiliki
No
Jawaban
Jumlah
Persentase
1
Rendah
64
67% (hampir sebagian besar)
2
Sedang
20
21% (sebagian kecil)
3
Rendah Sekali
11
12% (sebagian kecil)
Tabel 5. Jawaban Mahasiswa Mengenai Kesulitan dalam Menggunaan Keigo
No
Jawaban
Jumlah
Prosentase
1
Memahami dan menghafal secara teoritis
(tata bahasa dan penerapan dalam
percakapan)
39
41% (hampir setengahnya)
2
Terbalik dalam penggunaannya antara
sonkeigo dan kenjogo bagi dari segi peru-
bahan kata kerja ataupun situasi
penggunaannya
28
29.5% (hampir setengahn-
ya)
3
Tidak Terbiasa digunakan jadi lupa
19
20% (sebagian kecil)
4
uchi soto
9
9.5% (sebagian kecil)