Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.13 No. 1
94
H a l a m a n
caranya adalah dengan datang langsung ke
Gerai Layanan Info Kerja (GLIK) Dinas
Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota
Bandung.
Dari
uraian
diatas,
maka
penulis
memberikan solusi terhadap permasalahan
tersebut dengan usulan rancangan “Aplikasi
Gerai Layanan Informasi Kerja (GLIK)” di
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota
Bandung. Aplikasi yang akan dibangun
berbasis web dengan PHP dan MySQL.
2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penulisan
kerja praktek ini sebagai berikut:
a. Bagaimana membangun aplikasi untuk
pencari kerja dalam mendapatkan
informasi lowongan kerja?
b. Bagaimana membangun aplikasi untuk
mengelola data profil perusahaan dan
persyaratan
lowongan
kerja
yang
dibutuhkan oleh pencari kerja?
c. Bagaimana membuat laporan data
pencari kerja yang telah menggunakan
aplikasi GLIK?
3. Tujuan
Pembuatan dari kerja praktek ini memiliki
beberapa tujuan sebagai berikut:
a. Membangun aplikasi untuk pencari kerja
dalam mendapatkan informasi lowongan
kerja.
b. Membangun aplikasi untuk mengelola
data profil perusahaan dan persyaratan
lowongan kerja yang dibutuhkan oleh
pencari kerja.
c. Membangun aplikasi yang menghasilkan
laporan data pencari kerja yang telah
menggunakan aplikasi GLIK.
4. Batasan Masalah
Adapun batasan-batasan masalah dalam
penulisan kerja praktek ini sebagai berikut:
a. Informasi lowongan kerja hanya Bandung
area dan sekitarnya sebagai uji coba
sistem.
b. Pencari kerja tidak harus login jika ingin
melampirkan lamaran pekerjaannya.
c. Aplikasi belum terintegrasi dengan web
mail server.
d. Informasi hanya berkaitan tentang
lowongan pekerjaan dan tidak memba-
has tentang informasi tenaga kerja luar
negri.
5. Definisi Operasional
a. Informasi lowongan kerja hanya Bandung
area dan sekitarnya sebagai uji coba
sistem.
b. Pencari kerja tidak harus login jika ingin
melampirkan lamaran pekerjaannya.
c. Aplikasi belum terintegrasi dengan web
mail server.
d. Informasi hanya berkaitan tentang
lowongan
pekerjaan
dan
tidak
membahas tentang informasi tenaga
kerja luar negri.
6. Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan pembangunan
aplikasi ini dengan menggunakan metode
SDLC (Software
Development Life Cycle
tahapan-tahapan dalam mengerjakan suatu
proyek.
Tahap
tersebut
meliputi
:
[Pressman, R. S. 2005].
a. Requirements & Analysis
Proses pencarian kebutuhan difokuskan di
GLIK. Untuk mengetahui sifat dari program
yang dibuat, maka harus mengerti tentang
kebutuhan dari sistem, misalnya fungsi yang
dibutuhkan, tampilan yang diinginkan, dsb.
Aktivitas tersebut dilakukan melalui wa-
wancara dengan pegawai GLIK dan
melakukan dokumentasi guna melakukan
proses selajutnya.
b. Design
Proses ini digunakan untuk mengubah
kebutuhan-kebutuhan dari hasil wawancara
ke user yang harus didokumentasikan men-
jadi
representasi
ke
dalam
bentuk
“blueprint” dari sistem sebelum coding dim-
ulai. Untuk proses design pada sistem ini,
Sy. Yuliani, Randy Aries