Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14

Page 1 of 14
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 2

283

H a l a m a n

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

SEBAGAI MEDIA PENGENALAN GEDUNG BARU UNIKOM

BERBASIS ANDROID

SELVIA LORENA BR. GINTING

,

ENDRA SUDRAYANA HIDAYAT

Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi pemasaran yang sedang menjadi

primadona berbagai macam produk di dunia, hal ini dikarenakan perpaduan

dari script pemrograman serta seni 3 Dimensi yang diwujudkan kedalam se-

buah aplikasi secara bersamaan. Teknologi Augmented Reality yang dapat

memberikan kesan nyata kepada pemakainya, memungkinkan untuk memban-

tu UNIKOM dalam mempromosikan gedung baru yang sedang dibuat. Dengan

berbagai macam fitur yang tertanam didalam sebuah perangkat Android, mem-

buat penciptaan sebuah aplikasi promosi dapat lebih bervariatif, salah satunya

media promosi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi

Augmented Reality yang dibangun berjalan pada platform mobile Android, di-

mana kamera bekerja sebagai sumber input dengan cara membaca dan mela-

cak marker (penanda) dengan sistem tracking. Lebih lanjut, aplikasi akan

menampilkan gedung baru UNIKOM secara 3D, lalu selanjutnya pengguna

dapat memilih ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Selain itu pengguna

dapat memilih berbagai jurusan yang tersedia, sehingga pengguna diharapkan

mendapat informasi matakuliah, dosen, dan akreditasi dari masing-masing

jurusan yang berada di Universitas Komputer Indonesia. Dan dari hasil

penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa sebesar 91 % pengguna

dapat mengenal ruangan yang ada di gedung baru UNIKOM. Serta pengguna

dapat mengetahui teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan

terbarukan, selain media promosi yang telah tersedia seperti halnya brosur

ataupun website.

KeywordsAugmented Reality, AR, UNIKOM, marker, gedung, objek 3D

PENDAHULUAN

UNIKOM merupakan perguruan tinggi

swasta yang ada di Kota Bandung.

UNIKOM memiliki reputasi yang tidak bisa

dilihat dengan sebelah mata di beberapa

tahun terakhir, hal ini disebabkan banyak-

nya prestasi yang diraih, prestasi tersebut

diraih baik oleh individu, Unit Kegiatan Ma-

hasiswa (UKM), serta dari tingkat Universi-

tas sendiri. Hal ini membuat nama UNIKOM

semakin dikenal khalayak umum, yang

mengakibatkan bertambahnya angka pen-

erimaan mahasiswa baru disetiap ta-

hunnya. Tercatat tidak kurang dari 2.000

orang mahasiswa yang masuk pada setiap

tahunnya, hal ini membuat UNIKOM me-

rencanakan pembangunan gedung baru,

yang dimulai sejak tahun 2009.

bidang

TEKNIK