Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18

Page 1 of 18
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 2

195

H a l a m a n

MODEL TATA KELOLA APLIKASI PASAR TRADISIONAL

MENJADI PASAR KREATIF DAN INOVATIF

DI KOTA BANDUNG

SUPRIYATI, HERY DWI YULIANTO

Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Pesatnya perkembangan teknologi informasi mengakibatkan siapa yang

menguasai informasi mereka yang akan memenangkan Persaingan (Kotler

2004). Berdasarkan data terakhir dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IPPI)

pada Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Selasa

(5/2/2013) pasar modern mengalami peningkatan sebesar 31,4%, sedangkan

untuk pasar rakyat atau tradisional cukup memprihatinkan, karena mengalami

penurunan 81%. Keberadaan pasar tradisional semakin mengkhawatirkan

dengan serbuan produk-produk dari luar seperti China, Jepang, Korea dan

negara lainnya karena para pelaku pasar tradisional sampai saat ini masih

terkendala dengan terbatasnya modal dan pemasaran. Pasar Tradisional

Simpang yang berlokasi di Jl. Ir. H. Djuanda Simpang Dago Kota Bandung.

Pasar Simpang yang cenderung terlihat pasif, artinya pembeli yang datang ke

pasar dan membeli barang, tidak terlihat adanya kegiatan promosi dari pasar

itu sendiri menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya pada penjualan.

Kegiatan transaksi yang terlalu sibuk di wilayah sekitar Simpang Dago

menyebabkan arus lalu lintas juga terganggu, serta tidak ada informasi

mengenai pencatatan akuntansi untuk Pasar Simpang itu sendiri.

Metode penelitian yang digunakan: Pendekatan lapangan, Pendekatan

instansional, Pendekatan kepustakaan dengan Jenis data yang dikumpulkan

untuk dianalisis terdiri atas data Primer dan data Skunder. Metodologi

pengembangan sistem yang penulis gunakan metodologi pengembangan

sistem berorientasi objek. Model pengembangan sistem yang digunakan oleh

Rapid Aplication DevelopmentRAD).

Berdasarkan uraian di atas, penulis mencoba memberikan solusi untuk

menyelesaikan permasalahan dengan membuat Model Tata Kelola Aplikasi

Pasar Tradisional Menjadi Pasar Kreatif dan Inovatif Di Kota Bandung Berbasis

Standar Akuntansi Keuangan UMKM serta membuatkan blue print Marketnya.

KeywordsModel Tata Kelola, Teknolgi Informasi, Pasar, Standar Akuntansi

Keuangan

bidang

TEKNIK

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Penelitian

Di Indonesia, khususnya, dan Asia pada

corporate gov-

ernance

resources

nampak nyata ketika krisis ekonomi dan

perbankan melanda kawasan Asia. Hasil

penelitian yang dilakukan Booz-Allen & Ham-