Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19Page 20Page 21Page 22

Page 1 of 22
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 2

229

H a l a m a n

SKETCHUP

KREAVIFITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH DESAIN INTERIOR I

PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR UNIKOM

FEBRY MAHARLIKA, DINA FATIMAH

Program Studi Desain Interior, Fakultas Desain

Universitas Komputer Indonesia

Gambar dapat dikatakan sebagai bahasa rupa yang digunakan oleh seorang

desainer untuk mengomunikasikan idenya. Seorang desainer interior

menggunakan gambar untuk mewujudkan setiap gagasannya yang memuat

informasi bentuk, ukuran, sifat muka, bahan, warna dan sebagainya, untuk

menunjang sasaran bersama. Sebelum masa komputerisasi berkembang

seperti sekarang ini, desainer interior menggunakan teknik gambar manual

untuk mempresentasikan gambarnya.

Unikom adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang mengadakan program

studi desain interior yang menetapkan misinya sebagai perguruan tinggi

penyelenggara pendidikan yang berbasis pada teknologi, sehingga

menitikberatkan pada teknologi informasi dan teknologi komputer. Pada

program studi desain interior, mahasiswa menggunakan perangkat lunak

sketchup untuk mempresentasikan hasil rancangannya pada mata kuliah

perancangan Desain Interior I, yaitu perancangan one room apartment.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran perangkat lunak sketchup

pada kreativitas mahasiswa desain interior dalam mempresentasikan karyanya.

Melalui metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan

kuantitatif, disimpulkan bahwa perangkat lunak sketchup membantu

mahasiswa dalam mempresentasikan hasil rancangannya pada mata kuliah

Desain Interior I secara efektif dengan menunjukkan kaifiat objek yang

sesungguhnya. Selain memaparkan peran sketchup, penelitian ini juga mencari

nilai korelasi antara beberapa mata kuliah yang dianggap berhubungan dan

memberikan kontribusi pada mata kuliah perancangan, diantaranya mata

kuliah Menggambar II dan Pengenalan Komputer II. Dari hasil perhitungan

menggunakan metode analisis korelasi, maka disimpulkan bahwa masing-

masing mata kuliah memiliki kaitan yang cukup erat.

Keywordssketchup, Desain Interior 1, Kreatifitas, Perancangan, one room

apartment

PENDAHULUAN

Bidang desain interior merupakan salah

satu bidang keilmuan yang didasarkan dari

ilmu desain yang membutuhkan kreativitas

dalam pengembangannya. Dalam bidang

desain pada umumnya, dan desain interior

pada khususnya, tingkatan kreativitas

dapat terlihat dari capaian hasil rancangan.

Ide yang berasal dari kreativitas desainer

dapat terwujud dalam bentuk konsep dan

gambar desain. Presentasi hasil rancangan

bidang

DESAIN