Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 1 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 1

113

H a l a m a n

SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE

PADA BEHOLDER CLOTH

FUAD RIZKY NOVARIN

,

SINTYA SUKARTA

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

BEHOLDERCLOTH merupakan sebuah brand yang berbisnis dalam penjualan

Tshirt, backpack, windbreaker, jaket, kupluk, snapback, jeans, Jersey, flannel dll.

Kurang efektifnya media promosi yang digunakan menyebabkan konsumen

kesulitan untuk mengetahui keberadaan BEHOLDERCLOTH sehingga penjualan

produk yang terjadi sulit untuk mengalami peningkatan. Beholder pun belum

mempunyai fasilitas untuk melakukan transaksi penjualan barang bagi costum-

er yang jauh dan berada diluar kota sehingga dalam melakukan setiap

penjualan barang yang masih dilakukan dengan cara pelanggan datang

langsung ke tempat penjualan. Selain itu, Sistem transaksi penjualan masih

menggunakan metode pencatatan serta penyimpanan data transaksi penjualan

masih bersifat manual, yaitu dengan mencatat satu persatu setiap transaksi.

Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan

studi kasus pada BEHOLDERCLOTH, teknik pengumpulan data yang digunakan

meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi da nwawancara, se-

dangkan sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen.

Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan

system informasi penjualan pakaian berbasis web yang dibuat sekarang

menggunakan metode prototype, dengan alat bantu pengembangan system

berupa flowmap, diagram konteks, DFD, dan alat perancangan database yang

diusulkan berupa ERD. Hasil dari pembangunan system penjualan barang atau

produk yang berbasis web secara online dapat diakses dengan cepat dan dapat

digunakan oleh calon pelanggan yang akan membeli barang atau produk

dimanapun berada tanpa harus mendatangi toko yang bersangkutan. Selain

untuk pelanggan, system informasi yang dibangun pun bermanfaat bagi pihak

toko yang akan mengimplementasikan system informasi tersebut untuk

mengolah beragam data.

Keywordse-commerce

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Meningkatnya penggunaan internet oleh

masyarakat yang ditandai dengan melonjak-

nya costumer maupun pebisnis yang men-

dorong munculnya suatu tuntutan pela-

yanan internet melebihi dari apa yang bisa

diperoleh di dunia nyata. Ini meliputi

kesempatan untuk menjual barang-barang

bidang

TEKNIK