Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14
Page 1 of 14Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol.14 No. 1
61
H a l a m a n
WEB
DI SMK AL IHSAN BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT
MIFTAH SYA’AD
1
, R FENNY SYAFARIANI
2
1
SMK Al Ihsan Batujajar Kabupaten Bandung Barat
2
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia
Pengolahan terhadap pembagian kelas, nilai raport, tugas dan pelakasanaan
kuis merupakan bagian dari proses akademik yang dilakukan oleh sekolah
menengah kejuruan (SMK) Al Ihsan Batujajar. Dalam kegiatan proses akademik
yang berjalan masih kuarang efektif dalam proses pengolahan data pembagian
kelas, penilaian raport , proses pengelolaan tugas dan proses pengelolaan
terhadap kuis yang akan dilaksakan. Masih banyaknya proses yang dilakukan
dengan pencatatan, penyimpanan data yang hanya dilakukan dengan
pembukuan,
pengakumulasian
ataupun
penilaian
yang
terkadang
menghasilkan nilai kurang akurat dan sering terkendalanya dalam
penyampaian tugas terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada sekolah menengah
kejuruan (SMK) Al Ihsan Batujajar. Sedangkan sumber penelitian dengan
metode pengumpulan data primer yang dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan pengumpulan data sekunder yaitu studi dokumentasi. Metode
yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan teknik
prototype. Adapun alat pemodelan perancangan sistem dengan menggunakan
metode pendekatan terstruktur. Dengan diterapkannya sistem yang diusulkan
diharapkan dapat membantu dan dapat menjadikan proses terhadap
pembagian kelas, pengelolaan nilai raport, pengelolaan terhadap tugas dan
pengelolaan terhdapat kuis lebih efisien dan dapat menjadi jalan keluar dari
permasalahan yang terjadi di SMK tersebut.
KeywordsSistem Informasi Akademik, Berbasis Web, SMK Al Ihsan Batujajar
PENDAHULUAN
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Al
Ihsan yang beralamatkan di Jl.
Galanggang Kec. Batujajar Kab.
Bandung Barat merupakan suatu
lembaga yang bergerak di bidang
pendidikan, karena sekolah tersebut bisa
dikatakan sekolah yang baru berdiri,
tetapi sekolah tersebut mampu bersaing
dengan instansi pendidikan yang lain.
maka SMK Al Ihsan menjadi pilihan di
masyarakat untuk anak mereka
menuntut ilmu. dimana sekolah tersebut
memiliki tiga jurusan tetapi yang berjalan
sekarang hanya jurusan RPL (Rekayasa
Perangkat Lunak). Maka SMK Al Ihsan
mempunyai nilai positif di masyarakat
dikarenakan SMK Al Ihsan adalah SMK
pertama yang mempunyai jurusan RPL
bidang
TEKNIK