Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.15 No. 2

239

H a l a m a n

PENENTUAN JENIS PROMOSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

ANNA DARA ANDRIANA

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

PT.X adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan makanan ringan

yang memiliki inovasi dalam perkembangan produknya. Kesulitan yang dialami,

adalah dalam menentukan jenis promosi yang tepat untuk dilakukan di perus-

ahaan. Hal ini dapat kita atasi dengan melakukan analisis bauran promosi

menggunakan regresi berganda untuk mengetahui jenis proposi yang lebih

efektif dan berdampak baik pada perusahaan.

Bauran promosi adalah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, pro-

mosi penjualan, publisitas dan hubungannya yang membantu pencapaian

tujuan perusahaan. Kebijakan yang ditempuh dalam bauran promosi perus-

ahaan adalah Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas, dan

Pemasarang Langsung. Kelima hal tersebut akan dimasukan kedalam analisis

promosi. Berdasarkan hasil analisis periklanan berpengaruh negatif dan tidak

signifikan terhadap volume penjualan, penjualan pribadi berpengaruh namun

tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan berpengaruh

namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan ber-

pengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, pemasaran lang-

sung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume penjualan

Dari hasil pengolahan analisis bauran promosi menggunakan regresi berganda

disimpulkan bahwa penjualan pribadi dan promosi penjualan memiliki nilai

lebih daripada publisitas, periklanan dan pemasaran langsung meskipun hasil-

nya tidak signifikan terhadap volume penjualan.

KeywordsCustomer relationship management,

bidang

TEKNIK

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

PT.X merupakan perusahaan yang bergerak

dibidang penjualan makanan ringan yang

selalu berusaha untuk terus meningkatkan

pangsa pasar, baik dalam hal pengem-

bangan produk ataupun dalam hal

penjualan. Persaingan yang dirasakan pe-

rusahaan dalam penjualan makanan ringan

ini dirasakan cukup berat dikarenakan ban-

yaknya perusahaan perusahaan pesaing

yang sejenis.