Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 1 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.15 No. 2

201

H a l a m a n

KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI

KEUANGAN DAERAH (SAKD), PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI,

DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS

LAPORAN KEUANGAN DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KINEJA

PERANGKAT DAERAH (SKPD) KOTA DEPOK)

MUHAMMAD RIFKY ALAMSYAH, SRI RAHAYU, MUHAMAD MUSLIH

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Telkom

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) disajikan untuk menyediakan

informasi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja manajerial dan organ-

isasional. LKPD yang berkualitas membantu memenuhi kewajiban pemerintah

terbuka secara publik, serta membantu memenuhi kebutuhan pengguna dari

LKPD dalam mengambil keputusan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi SDM,

penerapan SAKD, pemanfaatan TI, dan sistem pengendalian internal terhadap

kualitas laporan keuangan daerah baik pengaruh secara parsial maupun

secara simultan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dan bersifat kausali-

tas. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi/ keuangan

pada Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Depok. Teknik penentuan

sampel menggunakan metode sampling sensus, dimana semua populasi di-

jadikan sample yakni sebanyak 89 orang. Data yang digunakan dalam

penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda

dan uji hipotesis serta didahului dengan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi SDM,

penerapan SAKD, pemanfaatan TI, dan sistem pengendalian internal

berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Secara parsial

kompetensi SDM, penerapan SAKD, pemanfaatan TI, dan sistem pengendalian

internal memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah.

Berdasarkan pengujian kontribusi secara simultan oleh variabel-variabel bebas

(R

2

) sebesar 91,2%.

Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan kualitas laporan keu-

angan yang baik yaitu disarankan instansi meningkatkan kompetensi sumber

daya manusianya, menerapkan/ mengimpelementasikan SAKD yang berlaku,

memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas, serta menerap-

kan sistem pengendalian internal yang baik dalam menciptakan suasana kerja

yang baik, agar tugas yang dilaksanakan/ penyajian laporan keuangan akan

semakin baik/berkualitas.

Keywords

Sumber Daya Manusia; Sistem Akuntansi Keuangan Daerah;

Teknologi Informasi; Sistem Pengendalian Internal; Laporan Keuangan Daerah

bidang

EKONOMI