Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.16 No. 1

77

H a l a m a n

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI

KERJA KARYAWAN GENERASI MILENIAL

(STUDI DI MINDSHARE INDONESIA)

AMANDA BAHRI FEBRIANTI, ANITA SILVIANITA

Universitas Telkom

Di setiap perusahaan pasti memiliki seorang pemimpin yang dipilih untuk mengatur dan

mengontrol segala aktivitas perusahaan. Tugas pemimpin dalam membawa perubahan dan

pertumbuhan perusahaan harus dapat membina hubungan manusia yang baik dengan

bawahannya. Karena bagaimana pun juga seorang pemimpin tidak sekedar memiliki

kemampuan manajemen yang hebat, namun ia juga bertugas untuk mendorong atau

memotivasi bawahannya agar bekerja keras. Penerapan gaya kepemimpinan yang dilakukan di

Mindshare Indonesia adalah gaya kepemimpinan transformasional. Hal ini dapat dilihat dari

setiap eksekusi keputusan pemimpin yang selalu melibatkan dan secara tidak langsung

menyuruh karyawan untuk mengembangkan potensinya.

Tujuan penelitian ini diakukan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan

transformasional terhadap motivasi kerja karyawan generasi milenial pada Mindshare

Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 70

responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif-

kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode teknik probability sampling dengan

tipe proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis

deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan

bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan

generasi milenial secara signifikan sebesar 44%, sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh

variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

KeywordsGaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Karyawan Generasi Milenial,

Mindshare Indonesia

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Di era globalisasi ini masyarakat Indonesia yang

berusia produktif berlomba-lomba mencari peluang

untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Saat ini

banyak pekerja dan calon pekerja rata-ratanya

termasuk generasi milenial. Menurut Teori Generasi

Strauss-Howe (Putra 2017) generasi milenial yang

dikenal sebagai Generasi Y adalah kelompok

demografi setelah Generasi X. Para ahli dan peneliti

biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal

kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-

an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Salah satu bidang pekerjaan yang diminati oleh

generasi milenial adalah bidang periklanan, salah

satunya Mindshare Indonesia. Rata-rata usia pekerja

fresh

graduate

Indonesia. Jumlah karyawan di Mindshare Indonesia

berjumlah kurang lebih 240 orang pegawai. Fokus

utama dari Mindshare adalah membantu klien

brand

channel

lebih dikenal, dicoba, dibeli, direkomendasikan dan

dicintai. Mindshare membantu para klien melalui

campaign

atau iklan di berbagai media seperti TV, radio,

majalah, koran, media digital (Facebook, YouTube,

bidang

TEKNIK