Majalah Ilmiah Unikom
Unikom Digital Campus
Website Unikom
Kampus Online Unikom
Blog Unikom
Repository
Nilai Online
Kuliah Online
Unikom Mobile
Digital Library
Career
Fan Page
Unikom Center
Klik untuk membuka menu utama
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
Halaman Utama
Arsip
Volume
Bidang
Visi dan Misi
Crew
Kerja Sama
Kontak
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
KAJIAN MULTIMEDIA INTERAKTIF & MOTIVASI BERMAIN GAME FARMVILLE-2 PADA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK
Informasi
Halaman Utama
•
Arsip
•
Listing per Volume
•
Listing per Bidang
Judul
KAJIAN MULTIMEDIA INTERAKTIF & MOTIVASI BERMAIN GAME FARMVILLE-2 PADA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK
Penulis
DENI ALBAR, WIRA MAHARDIKA
Volume
Volume 12
Bidang
Bidang Desain
Jurusan
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Deskripsi
Pada media jejaring sosial yang terdapat dalam internet, Facebook merupakan salah satu media jejaring sosial yang cukup dikenal luas di Indonesia. Dalam Facebook, terdapat aplikasi game FarmVille-2 bertema simulasi perkebunan. Game FarmVille-2 merupakan sekuel lanjutan dari Game pendahulunya, yakni Game FarmVille yang merupakan salah satu game populer dan menjadi fenomena bagi kalangan pemain game dalam Facebook. Hal mendasar yang membedakan game FarmVille-2 dan FarmVille adalah bentuk 2D dan 3D. Pada FarmVille-2 visualisasi telah menggunakan objek 3D (3 dimensi). FarmVille membuat para pemainnya memiliki perkebunan khayalan yang secara disadari atau tidak, memacu konsumerisme dalam membeli objek dalam game. Seringkali pemain ketagihan dan lupa waktu akan waktu didunia nyata karena terlarut dalam game. Berdasarkan kejadian-kejadian yang ada, merupakan hal yang menarik untuk menganalisis pengalaman bermain dalam FarmVille dan mengidentifikasinya untuk mendapatkan motivasi & keinteraktifan dari game. Penelitian ini menggunakan pendekatan phenomenology, dengan menggunakan data dari 3 pemain game FarmVille-2 yang mendeskripsikan pengalamannya melalui wawancara mendalam. Pernyataan informan di analisis dengan teori game, teori pengalaman pemain dan teori motivasi bermain. Hasil dari penelitian menunjukan kecenderungan pengalaman interaksi pemain yang terkait dengan motivasi, tujuan, peleburan total, grafis serta acara tematik yang terdapat dalam FarmVille-2. Pelibatan total (immersivitas) pemain dalam game media sosial, dapat terjadi melalui dorongan untuk mengejar rasa senang yang diikuti rasa takut, dan ditandakan melalui aturan main serta objek-objek visual dalam waktu tertentu.
Subjek
Fenomena, Interaktif, Motivasi, FarmVille-2
Updated
Thu, 23 Oct 2014 10:23:57 +0700
Counter Jurnal
Total :
2110
, Hari ini:
1
, Kemarin :
2
Preview
Full Screen
•
Download
02-miu-12-2-deni-albar.pdf