Majalah Ilmiah Unikom
Unikom Digital Campus
Website Unikom
Kampus Online Unikom
Blog Unikom
Repository
Nilai Online
Kuliah Online
Unikom Mobile
Digital Library
Career
Fan Page
Unikom Center
Klik untuk membuka menu utama
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
Halaman Utama
Arsip
Volume
Bidang
Visi dan Misi
Crew
Kerja Sama
Kontak
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
PENERAPAN METODE PENUGASAN DALAM PERKULIAHAN ALJABAR LINIER DAN MATRIKS
Informasi
Halaman Utama
•
Arsip
•
Listing per Volume
•
Listing per Bidang
Judul
PENERAPAN METODE PENUGASAN DALAM PERKULIAHAN ALJABAR LINIER DAN MATRIKS
Penulis
KANIA EVITA DEWI, EDNAWATI RAINARLI
Volume
Volume 12
Bidang
Bidang Teknik
Jurusan
TEKNIK INFORMATIKA
Deskripsi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks dengan metode penugasan terhadap peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretes-postes dengan kelas kontrol. Sampel penelitian yang digunakan adalah dua kelas tingkat 2 di Prodi IF UNIKOM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tes kemampuan berpikir nalar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks dengan metode penugasan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks biasa. Hal-hal yang mendukung dalam perkuliahan ini adalah potensi nalar mahasiswa, mahasiswa terlibat aktif dalam perkuliahan. Sedangkan hambatan dalam perkuliahan ini adalah waktu yang kurang memadai dan lemahnya pemahaman konsep dan materi prasyarat mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran, yaitu: Membuat diktat aljabar linear dimana didalam diktat tersebut tidak hanya berisi materi yang akan disampaikan namun juga berisi langkah-langkah kegiatan perkuliahan dengan menggunakan metode penugasan (bisa dalam bentuk lembar kerja); Mengkaji kecocokan metode penugasan untuk materi yang berbeda di Aljabar Linear dan Matrik; Melakukan eksperimen dengan menggunakan metode perkuliahan lainnya seperti metode peer teaching yang dapat digunakan pada kelas besar dan dengan karakteristik kemampuan mahasiswa yang beragam.
Subjek
Pembelajaran matematika, metode penugasan, ruang eigen
Updated
Thu, 23 Oct 2014 10:16:49 +0700
Counter Jurnal
Total :
4536
, Hari ini:
1
, Kemarin :
2
Preview
Full Screen
•
Download
06-miu-12-2-kania.pdf