Majalah Ilmiah Unikom
Unikom Digital Campus
Website Unikom
Kampus Online Unikom
Blog Unikom
Repository
Nilai Online
Kuliah Online
Unikom Mobile
Digital Library
Career
Fan Page
Unikom Center
Klik untuk membuka menu utama
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
Halaman Utama
Arsip
Volume
Bidang
Visi dan Misi
Crew
Kerja Sama
Kontak
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom
PENGARUH NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRIORITAS
Informasi
Halaman Utama
•
Arsip
•
Listing per Volume
•
Listing per Bidang
Judul
PENGARUH NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRIORITAS
Penulis
Herman Soegoto
Volume
Volume 7
Bidang
Bidang Humaniora
Jurusan
Universitas Komputer Indonesia
Deskripsi
Memiliki nasabah yang loyal adalah harapan setiap manajemen bank, hal ini karena loyalitas nasabah akan membuat bank mampu bertahan bahkan dapat meningkatkan keuntungan dari bank tersebut. Berbagai usaha dilakukan oleh pihak bank untuk menarik nasabah baru dan menjaga loyalitas dari nasabah yang sudah ada. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan adalah melalui peningkatan nilai dan kepercayaan terhadap nasabah prioritas. Nasabah prioritas ini walaupun jumlahnya sedikit namun jumlah dana mereka yang tersimpan di bank cukup besar. Sehingga nasabah prioritas tersebut diberi pelayanan khusus untuk memberikan nilai tambah dibandingkan dengan nasabah biasa dan juga tingkat kepercayaan nasabah terhadap bank tersebut terus dijaga agar nasabah prioritas ini tidak berpindah ke bank pesaing. Walau berbagai usaha sudah dilakukan pihak bank namun kenyataannya masih terjadi capability gap antara harapan nasabah dan pelayanan yang diperoleh. Artinya pada sebagian bank, nasabah merasa bahwa tidak ada bedanya antara menjadi nasabah prioritas dengan nasabah biasa dan juga kenyataannya loyalitas nasabah kaya masih diragukan karena berdasarkan penelitian yang ada, nasabah bank di Indonesia sebenarnya sangat puas dengan pelayanan bank tetapi mereka tetap mau pindah ke bank lain jika ada penawaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: mendapatkan hasil kajian mengenai Pengaruh Nilai dan Kepercayaan terhadap Loyalitas nasabah prioritas. Unit analisis penelitian ini adalah 217 responden nasabah prioritas dari empat bank umum nasional yang beroperasi di DKI Jakarta dan Bandung, yang diambil secara proportional systematic sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pendistribusian daftar pertanyaan, kemudian diproses dengan menggunakan SPSS versi 12 untuk menguji validitas dan reliabilitas. Untuk memverifikasi di dalam menjawab hipotesis penelitian digunakan analisis structural equation model (SEM) dengan menggunakan LISREL 8.3. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pencapaian nilai, kepercayaan dan loyalitas dari nasabah prioritas pada ke empat bank yang disurvei. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan loyalitas nasabah prioritas.
Subjek
PENGARUH NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRIORITAS
Updated
Thu, 12 May 2011 21:55:25 +0700
Counter Jurnal
Total :
4592
, Hari ini:
1
, Kemarin :
1
Preview
Full Screen
•
Download
volume-72-artikel-12.pdf